Mitos yang Masih Dipercaya di Objek Wisata Situwangi Ciamis - WisataHits
Jawa Barat

Mitos yang Masih Dipercaya di Objek Wisata Situwangi Ciamis

hoperakyat.com,- Berbagai mitos beredar di masyarakat sekitar objek wisata Situwangi, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Obyek wisata air ini tidak hanya memiliki keindahan alam yang menjadi daya tarik wisata. Ada juga berbagai cerita mistis yang masih dipercaya oleh masyarakat setempat.

Salah seorang tokoh masyarakat di Desa Winduraja, Iyus Yusman mengatakan, ada beberapa cerita mistis yang masih dipercaya masyarakat setempat.

Baca juga: Mendapat 8,5 kg ikan mas, pemancing di Situwangi Ciamis malah melepasnya

Iyus mengatakan, perempuan haid di Situwangi dilarang berenang atau mandi. Dilarang juga mencuci feses wanita yang melahirkan anak.

“Menurut cerita, pada zaman dahulu ada orang yang membasuh kotoran wanita yang baru melahirkan. Tiba-tiba orang tersebut pusing lalu jatuh dan tenggelam,” ujarnya, Sabtu (26/11/2022).

Cerita itu, lanjut Iyus, masih dipercaya masyarakat setempat. Selain itu pernah ada kejadian dimana seorang siswi yang sedang menstruasi di Situwangi tenggelam dan meninggal dunia.

“Beberapa tahun lalu ada anak sekolah yang lagi haid juga tenggelam,” ujarnya.

Iyus mengatakan, selain pantangan tersebut, orang yang datang ke Situwangi tidak boleh berbicara kasar.

“Di Situwangi tidak boleh berbicara sombong atau kasar dan membuang kotoran di Situwangi. Begitu kejadian, orang yang berbicara sompral terobsesi. Itu sering terjadi,” lanjutnya.

Iyus menambahkan, nama Situwangi sendiri berasal dari nama istri Raden Aria Kusumadiningrat, Raden Sriwangi, wanita cantik keturunan bangsawan yang bertahta di kompleks Karang Kamulyan Ciamis. (Edji/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button