Misteri Gunung Lanang Wonosobo: Penjelmaan Manusia Terkutuk? - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Misteri Gunung Lanang Wonosobo: Penjelmaan Manusia Terkutuk? – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Gunung Lanang, Kabupaten Wonosobo. (Instagram/@gununglanangwonosobo)

Solopos.com, WONOSOBO — Gunung Lanang di Desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo merupakan surga tersembunyi dengan pesona keindahan alam yang memukau.

Dikutip dari situs Wonosobokab.go.idSenin (29/8/2022), Gunung Lanang tidak hanya terkenal dengan keindahannya, tetapi juga menyimpan rahasia dan mitos yang diyakini penduduk setempat secara turun-temurun.

PromosiJos! Petani dan peternak Klaten bisa menjadi pendukung kedaulatan pangan

Salah satunya adalah masyarakat percaya bahwa Gunung Lanang Wonosobo dulunya adalah seorang pemuda yang dikutuk oleh orang tuanya karena bersikeras mempertahankan cinta terlarangnya.

Orang percaya bahwa Gunung Tampomas atau Gunung Wadon adalah pasangan dari Gunung Lanang. Dari segi bentuk, kedua gunung ini mirip dengan Lingga dan Yoni, yaitu prasasti kuno berupa alat kelamin laki-laki dan perempuan.

Sedangkan jika diartikan secara liris, Gunung Lanang berarti gunung rakyat. Sedangkan Gunung Wadon adalah gunung wanita.

Ini mungkin masih ada hubungannya dengan sejarah masyarakat kuno. Namun, legenda tentang asal usul penamaan kedua gunung ini masih belum diketahui secara pasti.

Baca Juga: Kecelakaan Karambol di Jalan Kudus-Jepara, 1 Orang Meninggal

Pengunjung dapat menikmati keindahan gunung tanpa membayar sepeser pun. Akses jalan menuju Gunung Lanang Wonosobo cukup mudah karena sudah beraspal.

Kawasan wisata ini dapat ditempuh dalam waktu 45 menit dari pusat kota Wonosobo.

Bagi mereka yang ingin menikmati pemandangan dari atas, pengunjung harus mempersiapkan fisik terlebih dahulu karena untuk mencapai puncak bisa sangat melelahkan. Namun, tidak disarankan untuk mendaki ke puncak saat hujan karena daerah tersebut rawan sambaran petir.

Walaupun merupakan objek wisata baru, namun wisata Gunung Lanang ini sudah memiliki tempat parkir yang luas, jalan yang bagus, toilet, mushola, berbagai warung makan dan kafe, sudut pandang, tempat perkemahan dan bintik-bintik Instagramable.

Gunung Lanang Wonosobo berada 1.102 meter di atas permukaan laut (mdpl). Namun, pengunjung bisa menikmati pemandangan indah di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Selain itu, sudah ada pos pengamatan yang menyuguhkan pemandangan indah Gunung Lanang.

Baca juga: Kecap Legendaris Khas Pati Tak Tertandingi, Sudah Coba?

Secara geologis, Gunung Lanang termasuk ke dalam Pegunungan Serayu bagian selatan. Gunung Lanang termasuk dalam Formasi Peniron yang berorientasi di atas Formasi Halang dan merupakan sedimen keruh yang diendapkan di Zona Pegunungan Serayu bagian selatan.

Litologinya terdiri dari breksi berbagai material (polimik) dengan penyusunnya adalah andesit, batulempung, batupasir dengan matriks batupasir dengan sisipan tufa, batupasir, napal dan batulempung.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button