Minimalkan Kecelakaan di Lingkungan Sekolah, Personil Polres Tasikmalaya Siaga - WisataHits
Jawa Timur

Minimalkan Kecelakaan di Lingkungan Sekolah, Personil Polres Tasikmalaya Siaga

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Kecelakaan yang menimpa anak-anak sekolah di sekitar sekolahnya berdampak pada semua pihak yang terlibat termasuk Polres Tasikmalaya.

Menyikapi rentetan kecelakaan lalu lintas yang menewaskan anak-anak sekolah dasar, seperti di Kabupaten Garut, sebuah angkutan pedesaan menabrak sejumlah anak yang sedang memakan jajanan, melukai delapan anak dan menewaskan satu orang.

Baru-baru ini, sebuah truk besar menabrak anak-anak sekolah dasar dan orang tua mereka saat jam istirahat di kota Bekasi, menewaskan sepuluh orang, termasuk beberapa anak.

Polres Tasikmalaya melakukan berbagai upaya preventif agar kejadian tersebut tidak terulang kembali. Satuan Lalu Lintas Polres Tasikmalaya menyiagakan anggota sejumlah sekolah.

Salah satunya di jalan provinsi, tepatnya di Cintaraja, Kabupaten Tasikmalaya, di mana sejumlah SD negeri terletak tak jauh dari jalan provinsi.

Polres-Tasikmalaya-2.jpgPetugas Polres Tasikmalaya memasang rambu peringatan di jalan-jalan di Provinsi Tasikmalaya (FOTO: Dok. Polres Tasikmalaya)

Pagi harinya, saat jam istirahat hingga sepulang sekolah, personel kepolisian dikerahkan untuk membantu anak-anak dan orang tua menyeberang.

“Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, kami selalu memperingatkan anggota di sekolah yang bersentuhan langsung dengan jalan raya. Bentuk pelayanan kita kepada gereja adalah wajar. Soalnya jalan kan rame, riskan, makanya kita tugaskan anggota untuk mengatur,” kata AKP Yudi Sadiki, Kapolsek Polres Tasikmalaya, di kantornya, Jumat (22/2/22).

Selain itu, polisi meminta pihak sekolah cerdas dalam penempatan pedagang makanan. Jangan biarkan pedagang berjualan langsung di pinggir jalan karena berisiko membahayakan siswa yang sedang makan.

“Kami juga menghimbau pihak sekolah untuk pintar-pintar dalam penempatan pedagang kaki lima agar tidak membahayakan siswa saat mereka makan jajan. Siswa biasanya berkumpul ketika mereka makan makanan ringan. Jadi kalau di pinggir jalur utama itu berbahaya,” tambah Yudi.

Selain petugas perumahan di sekolah, polisi bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya juga melakukan pemeriksaan kendaraan secara rutin, memeriksa hingga 40 kendaraan termasuk bus, city van, pedesaan dan elf di terminal Singapura.

“Ada 40 kendaraan yang diperiksa. Kelayakan jalan sebagian besar baik-baik saja, terutama remnya berfungsi. Tapi ya ada yang melawan pemerintah,” imbuh Yudi.

Tantangan lain yang harus dihadapi pengguna jalan di Kabupaten Tasikmalaya adalah kondisi jalan yang berkelok-kelok di jurang. Belum lagi lokasi selatan Tasikmalaya dikenal sebagai daerah rawan longsor.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Polres Tasikmalaya telah memasang rambu peringatan untuk memperingatkan pengendara. Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery juga langsung turun ke lapangan untuk memastikan keselamatan para pengendara. “Tempat di Tasikmalaya ini memiliki jalan berkelok-kelok dengan jurang yang rawan longsor atau kecelakaan. Jadi saya melihatnya dan menetapkan tembus pandang untuk memasang tanda peringatan. Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada di jalanan,” pungkasnya.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button