Milenial dari BUMN di Jabodetabek menanam ratusan pohon bakau - WisataHits
Jawa Timur

Milenial dari BUMN di Jabodetabek menanam ratusan pohon bakau

SURABAYA (ANTARA) — Milenial dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Surabaya Raya menanam ratusan pohon bakau jenis Rhizophora mucronata atau kurap, di Kebun Raya Medokan Ayu, Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu.

Ketua Umum BUMN Milenial Surabaya Raya Bagusranu Wahyudi Putra mengatakan kegiatan penanaman pohon bakau Kali ini bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Medokan Ayu dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Medokan Ayu (LPMK). Kegiatan ini juga merupakan rangkaian kegiatan bersama Staf Khusus III Menteri Negara Arya Sinulingga yang akan dilaksanakan pada 26 Oktober 2022 di Plaza Parkir Timur Surabaya.

“Hari ini, Milenial BUMN Surabaya Raya melakukan salah satu program kerja, yaitu: menghijau Di sana kita akan menanam 100 pohon bakau dalam Wisata Mangrove Medokan Ayu,” kata Bagusranu.

Menurutnya, banyak wawasan baru yang didapat dari kegiatan tersebut, mulai dari penanaman hingga fungsi pohon mangrove bagi alam.

“Seru sekali, kita bisa merasakan bagaimana kita bisa masuk ke kolam mangrove dan langsung menanam,” dia berkata.

Sejumlah perwakilan Millenial BUMN Surabaya Raya menunjukkan bibit pohon mangrove yang ditanam di Kebun Raya Mangrove Medokan Ayu, Surabaya, Minggu (23/10/2022). (ANTARA/Naufal Ammar Imaduddin)

“Tentunya program ini sangat baik untuk lingkungan dan anak cucu kita, jadi kita punya kewajiban untuk berbuat sedikit untuk lingkungan juga,” ujarnya.

Sementara itu, Ani Sofiatun, Staf Operasional Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, mengatakan penanaman pohon bakau merupakan langkah yang baik untuk generasi mendatang karena pohon tidak hanya penahan abrasi tetapi juga dapat menambah oksigen di sekitar.

“Rhizophora mucronata sangat bermanfaat sebagai first zone sebagai penahan abrasi dan juga membantu menambah oksigen di Surabaya,” ujarnya.

Sebagai imbalannya, lanjutnya, pihaknya mengucapkan terima kasih atas kepedulian terhadap lingkungan yang dimotori oleh Generasi Milenial BUMN Surabaya Raya.

“Semoga pelestarian mangrove di Surabaya bisa lestari, apalagi nanti kita akan ke kebun raya mangrove terbesar di Indonesia bahkan Asia, harapan kita dunia,” ujarnya.


Selain itu, pihaknya berharap pihak berwenang lainnya, khususnya di Surabaya, dapat berperan aktif dalam pelestarian hutan mangrove.

“Mudah-mudahan ada instansi lain dan mungkin pihak lain yang bisa membantu hutan mangrove sekaligus membeli bibit dan menanamnya juga,” imbuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button