Meskipun memiliki desa wisata terbaik di dunia - WisataHits
Yogyakarta

Meskipun memiliki desa wisata terbaik di dunia

Meskipun memiliki desa wisata terbaik di dunia

jakarta

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Yogyakarta merupakan provinsi termiskin di Pulau Jawa. Padahal kawasan ini memiliki banyak tempat wisata yang menjadi sumber penghasilan.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjawab pertanyaan soal Yogyakarta sebagai destinasi wisata unggulan namun tergolong provinsi miskin. Menurutnya, BPS memiliki kriteria tersendiri dalam menentukan tingkat kemiskinan, namun bukan berarti pariwisata Yogyakarta juga lesu.

“BPS tentu punya perhitungan sendiri, tapi yang jelas Yogyakarta punya destinasi wisata yang luar biasa,” kata Sandiaga dalam jumpa pers mingguan, Selasa (24 Januari 2023).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Jadi ada desa wisata top dunia di Desa Wisata Nglanggeran Gunung Kidul, ada Desa Wisata Penting Sari di Sleman, ada Desa Wisata Tinalah di Kulon Progo,” ujarnya.

Menurut Sandiaga, Yogyakarta sudah tepat dalam mendorong sektor pariwisata untuk mendongkrak perekonomian. Sebab, pariwisata terbukti mampu menciptakan banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Ternyata pariwisata mampu menciptakan lapangan kerja enam kali lipat melalui berbagai data yang kami olah. Kami melihat dengan penambahan lapangan kerja, tambahan pendapatan, kesejahteraan masyarakat akan meningkat dan itu akan kami promosikan di ASEAN Tourism Forum,” ujarnya.

Asean Tourism Forum akan diselenggarakan di Yogyakarta dari tanggal 2 hingga 5 Februari 2023. Sandiaga menyatakan persiapan sudah 97 persen selesai dan Yogyakarta siap menyambut para delegasi.

“Kami berharap semakin banyak investasi di sektor pariwisata untuk menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja sehingga kesejahteraan meningkat, dan penambahan lapangan kerja ini tentunya akan meningkatkan taraf hidup sehingga angka kemiskinan akan menurun,” ujarnya.

Sebelumnya, BPS melaporkan per September 2022, Yogyakarta memiliki tingkat kemiskinan sebesar 11,49% dengan jumlah penduduk miskin sebanyak 463.630 jiwa. UMP Yogyakarta tahun 2023 sebesar Rp 1.981.782,36 atau terkecil kedua setelah Jawa Tengah.

Sedangkan Yogyakarta masih menjadi tujuan utama untuk berwisata. Jumlah wisatawan di Yogyakarta pada Oktober 2022 sebanyak 5,9 juta orang.

Simak video “Sandi Tegaskan Kembali Kesetiaan pada Gerindra dan Siap Dukung Keputusan Partai”
[Gambas:Video 20detik]
(bulan/bulan)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button