Merayakan HUT ke-10 UU DIY di Pantai Baron - WisataHits
Yogyakarta

Merayakan HUT ke-10 UU DIY di Pantai Baron

YOGYAKARTA,KOMPAS.com – Satlinmas Khusus SAR Rescue menggelar upacara di tengah laut di Pantai Baron pada Sabtu (27/822). Sebuah pelabuhan juga diadakan di samping upacara.

Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati satu dekade (10 tahun) Hukum Khusus Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Upacara diawali dengan hajatan yang dihadiri oleh tim SAR, Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad, perwakilan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat KPH Yudanegara dan masyarakat di Pelataran Pantai Baron.

Baca Juga: Kini Ada Armada DAMRI ke Pantai Baron dan Gunung Api Purba Nglanggeran

Kemudian gunung-gunung tersebut dibawa ke pantai sebanyak 10 orang dalam suatu prosesi yang diawali dengan dua orang wanita membawa bunga.

Puluhan perahu yang menunggu di tepi pantai kemudian membawa rombongan ke tengah laut, mengarungi pegunungan.

KPH Yudanegara mengatakan peringatan hari ini memperingati keberadaan undang-undang khusus yang disahkan pada tahun 2012.

Laut sebagai halaman depan Daerah Istimewa Yogyakarta

Memperingati satu dekade Hukum Keistimewaan di Laut karena visi dan misi Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X adalah laut sebagai halaman depan.

“Agenda ke depan adalah mengawal implementasi visi gubernur, salah satunya di Selatan. Juga, pantai tidak bersifat pribadi dan harus terbuka untuk umum,” kata KPH Yudanegara.

Baca Juga: Jelajah Gua Pindul di Gunungkidul, Lihat Stalagmit dan Stalaktit yang Indah

Gunungkidul Surisdiyanto, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II, mengatakan seharusnya upacara peringatan satu dekade hukum keistimewaan itu digelar pada 31 Agustus 2022.

Namun, karena gelombang diperkirakan cukup tinggi pada saat itu, acara tersebut diusulkan pada 27 Agustus 2022.

Memperingati Decade Privileges Act di tengah Pantai BaronKOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Peringati Satu Dekade Hukum Keistimewaan di Tengah Pantai Baron

Ia mengatakan, peringatan tersebut berbeda dengan upacara 17 Agustus atau perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Bedanya, perahu digunakan dalam upacara di laut.

Baca Juga: Turis Asing Rata-Rata Menghabiskan 1,8 Hari di Yogyakarta

Selain itu, terdapat juga berbagai atraksi mulai dari marching bandtim SAR Penyelamatan Satlinmas Khusus membentuk nomor 10 untuk memberikan hiburan yang nyata.

“Semoga acara hari ini dapat memberikan kontribusi bagi pemulihan pariwisata,” kata Suris.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button