Menteri yang ingin maju di Pilpres 2024 disarankan mundur dari kabinet - WisataHits
Jawa Barat

Menteri yang ingin maju di Pilpres 2024 disarankan mundur dari kabinet

WAKTU INDONESIA, JAKARTA – Pengamat mencurigai serta sejumlah menteri Kabinet Presiden Indonesia Jokowi (Joko Widodo), yang telah menyatakan dukungannya untuk pemilihan presiden 2024 atau akan mencalonkan diri, telah mengundurkan diri.

Pilihan ini dianggap realistis. Sehingga pekerjaan pemerintah tidak terganggu. Dan referensi penggunaan dana publik untuk kepentingan politik juga bisa dihindari. Artinya, kalau dilihat-lihat, menteri-menteri Presiden Republik Indonesia Jokowi-lah yang sering bekerja di daerah.

“Jika mereka secara resmi dipromosikan oleh partai politik, lebih baik mereka mengundurkan diri dari kabinet. Karena ada dua hal yang ditakuti,” kata M. Jamiluddin Ritonga, Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul, Jumat (8/2/2022).

Pertama dia bilang fokus kerja menteri apa yang akan nyapres diganggu. Di satu sisi dia harus memenuhi tugas dan fungsinya sebagai menteri, tetapi pada saat yang sama dia harus mempertimbangkan semua aspek pencalonannya.

“Capres boleh dibilang bisa membedakan dua tugas dan fungsinya. Namun dalam praktiknya tidak mudah karena hal yang sama bisa terjadi di waktu yang bersamaan,” jelasnya.

Kedua, dia tetap menggunakan anggaran dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai menteri dan sebagai calon presiden. penggunaan anggaran menteri akan memiliki kesempatan untuk digunakan dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai calon presiden.

Misalnya, menteri mengunjungi daerah yang dibiayai APBN pada akhir pekan. Namun keesokan harinya, menteri bertemu dengan kader dan masyarakat di tempat yang sama. “Di sini, dia tahu atau tidak, calon presiden menggunakan anggaran negara untuk calon presidennya,” katanya.

“Ketika Anda melihat dua hal itu, itu tepat menteri orang yang memegang Presiden mengundurkan diri atau jika dia tidak ingin Presiden memecatnya. Dengan begitu tidak ada tugas dan fungsi serta anggaran yang bisa dilanggar oleh capres,” ujarnya.

Seperti yang Anda tahu, ada beberapa menteri yang telah menyatakan akan mencalonkan diri lagi dalam pemilihan presiden 2024. Salah satunya adalah Menteri Pertahanan (Menhan RI) Prabowo Subianto. Dia melapor ke Bogor kemarin. Yang termuda adalah Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno. Kemarin dia menyatakan kesediaannya untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden 2024.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button