Menparekraf Sandiaga Uno mendukung Taman Laut Mojopahit menjadi tempat wisata - WisataHits
Jawa Timur

Menparekraf Sandiaga Uno mendukung Taman Laut Mojopahit menjadi tempat wisata

Menparekraf Sandiaga Uno mendukung Taman Laut Mojopahit menjadi tempat wisata

WAKTU JATIM– Pemerintah Kota Mojokerto terus menggencarkan rencana pengembangan sektor pariwisata di Kota Mojokerto. Baru-baru ini, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari melakukan audiensi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno untuk membahas persiapan pelaksanaan kegiatan Daya Tarik Wisata (DTW) Taman Laut Mojopahit.

Walikota Mojokerto Ika Puspitasari menyatakan pembangunan Taman Laut Mojopahit (Mojopahit Boat Tour) sesuai dengan Perpres 80 Tahun 2019 dan pengerjaan akan dimulai tahun ini.

Baca Juga: Bangun Jejaring Input, PJ Walikota Batu Temui Forkopimda dan Tokoh Masyarakat

“Nanti akan ada kapal Mojopahit sepanjang 40 meter di tempat wisata ini, insyaallah kapal ini sangat besar, dan nantinya akan menjadi icon di tepian Kali Ngotok yang merupakan anak sungai Brantas,” kata dia. Walikota Mojokerto di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, (26/01/2023).

Di hadapan Sandiaga Uno, walikota yang akrab disapa Ning Ita ini mengatakan, pembangunan Taman Laut Mojopahit dipastikan akan berdampak besar bagi industri kreatif. Khusus di Kota Mojokerto, sektor UMKM dan industri kreatif memberikan kontribusi terbesar terhadap produk domestik bruto (FRDP) daerah.

Ning Ita juga menyampaikan bahwa manfaat ini harus dibarengi dengan kerjasama berbagai pihak. Sehingga nantinya dapat berkembang pada masyarakat Kota Mojokerto pada khususnya dan Jawa Timur pada umumnya.

“Meskipun kami tidak memiliki wisata alam, pertanian, atau industri, kami adalah jantung dari Mojokerto Raya. Karena itu, semua hotel dan infrastruktur pariwisata berada di Kota Mojokerto,” jelasnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2023 Kota Mojokerto akan masuk sebagai salah satu daerah prioritas (lokpri) penerima Dana Alokasi Khusus (DAK) pariwisata dari pemerintah pusat.

Hingga saat ini, Kota Mojokerto memiliki lebih dari 10.000 UMKM, 3.300 di antaranya merupakan hasil pendampingan masyarakat terdampak Covid-19 melalui program inkubasi wirausaha.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno menyambut baik rencana pembangunan Kapal Wisata Mojopahit di Taman Laut Mojopahit di Kota Mojokerto, jelas Ning Ita. Ia pun mengaku bersedia mendukung pengembangan industri kreatif di sana.

Baca Juga: DLH Kota Malang Dapat Anggaran Rp 5 Miliar untuk Perawatan Taman

“Menurut saya untuk taman wisata bahari cocok juga kalau ada perahu. Nanti kita akan lihat bagaimana kita bisa mewujudkannya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Mojokerto, Agung Moeljono menambahkan, pariwisata merupakan salah satu dari enam program pembangunan prioritas Walikota Mojokerto yang tertuang dalam RPJMD, dan harus pada tahun 2023 selesai.

“Harapannya tentu saja dapat berjalan pada tahun 2024 dengan menggunakan aset pemkot maupun aset BBWS setelah mendapat izin penggunaan tanggul, bantaran dan Kali Ngotok dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat adalah, jelas Agung usai didampingi walikota dalam forum tersebut.

Selain Kota Mojokerto, daerah lain yang juga meminta audiensi dengan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif adalah Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Konawe Kepulauan, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Biak Numfor, dan Kabupaten Berau.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button