Menparekraf mengubah festival kuliner Bandung menjadi acara internasional - WisataHits
Jawa Barat

Menparekraf mengubah festival kuliner Bandung menjadi acara internasional

Bandung (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong festival kuliner asal Bandung, Jawa Barat, yakni Festival Keukeun untuk merambah ke event internasional.

Menurutnya, ini akan mendongkrak perekonomian karena bisa menambah lapangan pekerjaan. Sandiaga mengatakan, festival yang sudah 11 kali digelar itu berpotensi tampil lebih unggul dari negara lain.

“Akhirnya jika kurasi acara Bagus acara ini tidak hanya nasional, tetapi juga mungkin acara internasional,” kata Sandiaga saat melihat kembali Festival Keuken 2022 di Taman Kiara Artha, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu.

Menurut dia, Indonesia akan menghadapi serangkaian acara internasional seperti Kepresidenan G20, KTT ASEAN dan Travel Exchange Forum (Travex) dalam waktu dekat.

Namun, waktu persiapan untuk G20 terlalu singkat. Jadi, lanjutnya, dua forum internasional lainnya bertujuan untuk menghadirkan festival kuliner dari Bandung.

Baca juga: Sandiaga Ajak Swasta Terlibat dalam Pengembangan Pariwisata Daerah

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat menjajal demo masak di festival tersebut. Ia pun menjajal sejumlah pertunjukan kuliner.

Salah satu hidangan yang patut dicoba adalah produk dessert cokelat bernama Chocloud By Nadi. Produknya, kata Sandiaga, tidak kalah enaknya dengan produk cokelat impor biasa.

“Ada chocloudkarena kita biasanya ekspor kakao dan impor produk jadi, tapi di sini enak banget,” kata Sandiaga.

Sementara itu, penggagas Festival Keuken Meizan Diandra mengatakan festival yang digelar sejak 2011 ini memiliki misi untuk menampilkan keragaman Indonesia melalui seni kuliner. Penyebabnya, kata dia, adalah perbedaan budaya di Indonesia yang sebenarnya telah menghasilkan ribuan rasa yang berasal dari bahan baku lokal.

Di Keuken 2022 ada 48 merek makanan lokal yang populer. Selain itu, festival kuliner akan digelar di Jakarta pada Desember 2022 dan di Solo pada Maret 2023.

“Ini merupakan perjalanan yang menarik ketika Keuken akhirnya mendapat kepercayaan dari teman-teman untuk memperkenalkan brand mereka, meluncurkan produk mereka dan memperkenalkan menu baru mereka,” kata Meizan.

Baca juga: Menparekraf: Harus Ada Fokus Pemerintah pada Produk Kreatif dan Kreatif

Baca Juga: Menparekraf Berkontribusi pada Kemandirian Ekonomi Pesantren

Reporter: Bagus Ahmad Rizaldi
Penerbit: Satyagraha
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button