Menparekraf menginstruksikan desa wisata Pulau Pahawang Lampung untuk fokus pada pengembangan alam dan budaya - WisataHits
wisatahits

Menparekraf menginstruksikan desa wisata Pulau Pahawang Lampung untuk fokus pada pengembangan alam dan budaya

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau para pemangku kepentingan pariwisata dan masyarakat di Desa Wisata Pulau Pahawang, Lampung untuk fokus mengembangkan potensi alam dan budaya sebagai daya tarik wisata.

“Saya sangat terkesan, lebih dari 20 jam telah berlalu di Pulau Pahawang dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Kapolri, Ketua Pengadilan Agama, Forkompimda Kabupaten Pesawaran dan BCA yang telah mendukung desa ini sehingga menjadi simbol kebangkitan. perekonomian nasional kita, sebuah desa bernama Desa Pulau Wisata. Pahawang yang bisa masuk 50 besar desa wisata di Indonesia,”

kata Menparekraf Sandiaga Uno saat berkunjung ke 50 Besar Desa Wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, di Desa Wisata Pulau Pahawang, Lampung, Minggu (28/8/2022).

Menparekraf menginstruksikan desa wisata Pulau Pahawang Lampung untuk fokus pada pengembangan alam dan budayaDesa Wisata Pulau Pahawang, Lampung Menparekraf minta Menparekraf fokus pada pengembangan alam dan budaya, foto: Kemenparekraf

Desa Wisata Pulau Pahawang yang terletak di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 6 (enam) dusun.

Lokasi Desa Wisata Pulau Pahawang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat selama satu jam dari pusat kota Lampung menuju Pelabuhan Ketapang kemudian dengan speed boat menuju desa selama 30 menit.

Desa wisata Pulau Pahawang memiliki pesona alam bawah laut yang sangat menawan. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin mencoba atraksi yang ditawarkan di desa ini, seperti snorkeling, diving, menjelajahi hutan mangrove, menanam terumbu karang, dan berkemah.

Tidak hanya kaya akan pemandangan alam yang memesona, namun seni dan budaya desa tersebut masih dilestarikan hingga saat ini, antara lain tari siger pengunten (tarian selamat datang), permainan anak-anak, dan pencak silat.

Selain itu, desa wisata Pulau Pahawang menyelenggarakan festival besar yang diselenggarakan oleh masyarakat setempat setiap tahun, yaitu Festival Budaya Pahawang 2022.

Menparekraf Sandiaga berkesempatan membuka festival pada Sabtu malam (27/8/2022).

Potensi desa juga dilengkapi dengan produk ekonomi kreatif Pahawang. Untuk kerajinan, ada miniatur perahu dan kerajinan bambu.

Menparekraf Sandiaga selama kunjungan melihat proses pembuatan miniatur perahu.

Untuk masakannya ada dodol Magrove, Mangrove Cake, Mangrove Chips dan Sotong. Sedangkan untuk fashion, ada kain batik, kaos dan filter Lampung.

Desa Wisata Pulau Pahawang juga memiliki 42 homestay. Homestay desa wisata Pulau Pahawang ini cukup nyaman, asri dan bersih.

Beberapa homestay memiliki arsitektur ala rumah panggung khas Lampung.

ADWI sendiri merupakan program prioritas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang berdampak signifikan terhadap perkembangan desa wisata di seluruh Indonesia.

Menparekraf Sandiaga mencatat ada peningkatan kunjungan wisatawan hingga 30% sejak pengembangan desa wisata berkat ADWI.

“Kami merancang ADWI ini untuk memberikan apresiasi, penghargaan dan juga menjadi inspirasi karena desa wisata tahun lalu menjadi pemenang pandemi, karena peningkatan kunjungan 30% berdasarkan data besar kami”,

dia berkata.

“Untuk itu, kami mengajak dunia usaha untuk mengembangkan tidak hanya destinasinya saja tetapi juga produk-produk kreatif dan kreatifnya.

Dan Bank Central Asia nantinya akan melakukan program pelatihan dan pendampingan bagi Mitra Bakti BCA Village.

Dan kami berharap Pulau Pahawang menjadi desa wisata kelas dunia,”

kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Bupati Pesaweran Dendi Ramadhona mengatasnamakan masyarakat Pulau Pahawang mengucapkan terima kasih kepada Menparekraf Sandiaga yang telah meluangkan waktunya untuk mengunjungi desanya sebagai bagian dari ADWI 2022.

“Tentu menjadi kebanggaan besar bagi kami dan menjadi motivasi bagi masyarakat Pesawaran bahwa Pulau Pahawang dikunjungi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga.

Insya Allah ini akan menjadi salah satu tonggak kemajuan Pulau Pahawang pasca pandemi COVID-19, dan Pulau Pahawang bisa menjadi destinasi unggulan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Untuk itu, kita harus berjuang bersama untuk pemulihan ekonomi sektor pariwisata,”

kata Dendi.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Desa Wisata Pulau Pahawang dapat mengakses media sosial Instagram di @desawisatagunungpahawang.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button