Menparekraf mengajak wisatawan menyaksikan dan menghidupkan kembali WSBK 2023 di Mandalika - WisataHits
Jawa Barat

Menparekraf mengajak wisatawan menyaksikan dan menghidupkan kembali WSBK 2023 di Mandalika

Menparekraf mengajak wisatawan menyaksikan dan menghidupkan kembali WSBK 2023 di Mandalika

Jumat, 13 Januari 2023 | 11:51 WIB

| penulis :

Buku catatan : beruntung s

Jakarta, InfoPublik – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penyelenggaraan Indonesia World Superbike (WSBK) Round 2023 serta mengajak masyarakat dan wisatawan untuk melihat dan memeriahkan balapan motor produksi massal internasional ini.

Menparekraf berharap dengan semarak dan masifnya kunjungan wisata ini akan berdampak luas pada revitalisasi ekonomi dan penciptaan lapangan kerja, khususnya di destinasi wisata unggulan Mandalika.

“Kami mengajak masyarakat untuk selalu menyambut terselenggaranya World Superbike 2023 yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 3 hingga 5 Maret 2023 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika Nusa Tenggara Barat,” kata Menparekraf Sandiaga pada acara kick-off WSBK 2023 di Kamis (1/12/2023) di Hard Rock Cafe, Jakarta.

Sepanjang musim 2022, jumlah penonton yang menonton langsung di Sirkuit Mandalika berhasil memecahkan rekor tertinggi dalam sejarah World Superbikes di berbagai negara. Yakni, mencapai 51.629 penonton, sehingga berdampak sangat signifikan bagi sektor pariwisata dan industri kreatif di NTB.

Okupansi hotel naik rata-rata hampir 100 persen, menyerap 6.900 tenaga kerja. Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lombok Tengah (PAD) naik menjadi Rp300 miliar.

“(Penjualan) produk industri kreatif kita juga meningkat, sehingga citra pariwisata Indonesia juga ikut terdongkrak. Jadi saya berharap stand UMKM kita akan dihadirkan kembali. Festival kuliner dan musik juga dihadirkan karena kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif di Lombok dan NTB sangat didukung oleh WSBK,” kata Menparekraf Sandiaga.

Dalam kesempatan tersebut, Menparekraf Sandiaga juga mengajak PT Indonesia Tourism Development (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika atau The Mandalika untuk meningkatkan investasi infrastruktur dan akomodasi.

“Dengan acara Apa yang bergulir, terutama karena cerita Formula 2 dan ada beberapa kompetisi balap mobil, ini akan menambah jumlah homestay yang dibangun oleh pemerintah dan mitra di sana, serta kebutuhan jumlah hotel di sana meningkat. dari 1.000 unit,” kata Sandiaga.

“Tujuannya menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru pada 2024. Semoga WSBK membawa pemulihan ekonomi dan lapangan kerja serta kesejahteraan masyarakat Indonesia,” kata Menparekraf Sandiaga.

Direktur Operasional ITDC Troy Reza Warokka mengatakan balapan WSBK 2022 yang sukses digelar di Sirkuit Mandalika November lalu membuktikan Indonesia mampu menjadi tuan rumah. acara Internasional.

“Jumlah penonton yang menyentuh lebih dari 50.000 orang di WSBK 2022 menunjukkan antusiasme publik terhadap event dunia ini dan kepercayaan terhadap keselamatan, kenyamanan, sarana dan prasarana di sekitar Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika. Oleh karena itu, ITDC dan MGPA siap menjadi tuan rumah WSBK untuk ketiga kalinya pada 3-5 Maret 2023 dan siap menunjukkan kemampuan Indonesia menjadi tuan rumah ajang WSBK kelas dunia dan membuka musim baru kali ini,” ujar Troy.

Dimulainya WSBK 2023 hari ini juga ditandai dengan dimulainya penjualan tiket WSBK 2023.

“Diskon early bird 75 persen berlaku untuk semua kategori tiket. Masyarakat yang ingin melihat event WSBK dapat membeli tiket secara online melalui aplikasi Xplorin, Loket.com, Tiket.com dan MyTours sebelum berangkat,” ujar Direktur Utama MGPA Priandhi Satria.

Turut hadir Menparekraf Sandiaga, Deputi Penyelenggara Produk dan Kegiatan Pariwisata (acara) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rizki Handayani; dan direktur event nasional dan internasional Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif/Baparekraf, Dessy Ruhati.

Foto: Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button