Menparekraf Berikan Tips Sukses Berbisnis Bagi Pelaku Industri Kreatif dan UMKM Situbondo | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media - WisataHits
Jawa Timur

Menparekraf Berikan Tips Sukses Berbisnis Bagi Pelaku Industri Kreatif dan UMKM Situbondo | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media

Menparekraf Berikan Tips Sukses Berbisnis Bagi Pelaku Industri Kreatif dan UMKM Situbondo |  Berita Malang hari ini |  Malang Posco Media

Malang Posco Menteri Media Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan kiat sukses usaha pelaku ekonomi kreatif dan UMKM untuk mengatasi solusi ekonomi pascapandemi.

Menparekraf Sandiaga Uno saat Seminar Strategi Peningkatan Ekonomi Kreatif dan UMKM di Desa Kerapu, Situbondo, Jawa Timur, Sabtu malam (14/01). Ia mengatakan, para pengusaha kreatif dan UMKM menghadapi berbagai kendala mulai dari pendanaan, pemasaran hingga permodalan.

“Kami melihat peluang besar untuk kebutuhan terkait industri kreatif yang sedang dikembangkan di Situbondo. Oleh karena itu, pemerintah hadir untuk memberikan solusi. Ini juga menciptakan target ekspor $26,5 miliar dan menciptakan 4,4 juta pekerjaan pada tahun 2024,” katanya.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, pemerintah akan hadir untuk memberikan kiat, solusi, dan dukungan atas berbagai persoalan yang dihadapi para pelaku UMKM.

“Kemudian ada juga yang mengangkut kemasan yang bersangkutan. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memiliki program “Bedah Desain Kemasan (Berbeda)” yang merupakan program unggulan kami karena manfaatnya benar-benar dirasakan langsung oleh pelaku usaha,” ujarnya.

Selain itu, program pelatihan dan pendampingan juga dihadirkan untuk memastikan bahwa program tersebut benar-benar tepat sasaran, disampaikan dengan manfaat yang tepat dan tepat waktu.

“Programnya sudah ada untuk pelabelan produk halal. Kami akan berkoordinasi dengan pemda untuk memfasilitasi ini, karena dari segi prosesnya, sementara harus ada sertifikasi, untuk biayanya kami sudah ada programnya dan biayanya gratis,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga mengapresiasi Kampung Kerapu, salah satu destinasi wisata unggulan di “Kota Santri”.

“Selain Desa Blekok, Situbondo memiliki desa kerapu yang harus kita hargai dan dukung. Kampung kerapu ini bisa menjadi contoh bagi pengelola wisata bahari lainnya dengan menghadirkan tidak hanya kuliner yang nikmat tapi juga suasana malam yang romantis dan Instagrammable,” ujarnya.

Harga ikan kerapu ini, kata Sandiaga, sudah mulai naik dan harganya terus naik karena enak. “Tanaman ini mampu menghasilkan nilai yang luar biasa,” ujarnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini Menparekraf Sandiaga, Direktur Temu, Insentif, Kongres dan Pameran Pariwisata Kemenparekraf/Baparekraf, Masruroh.(*/jon)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button