Menparekraf berharap UMKM menjadi mercusuar tahun depan di tengah resesi - WisataHits
Jawa Tengah

Menparekraf berharap UMKM menjadi mercusuar tahun depan di tengah resesi

Jadi saya sangat berharap bahwa pada saat kita mulai berbicara tentang potensi resesi di tahun 2023 sudah gelap dan lampu atau senternya adalah UMKM. Semoga ini juga bisa dihadirkan di Solo untuk pemulihan ekonomi kita

Solo (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) tahun depan bisa menjadi pelita di tengah resesi.

“Saya melihat dampak pariwisata terhadap UMKM sebagai salah satu tujuan wisata unggulan sangat tinggi,” ujarnya usai berdialog dengan pelaku industri kreatif di Solo, Sabtu.

Selain itu, 63 persen perekonomian nasional ditopang oleh sektor UMKM.

“Jadi saya sangat berharap pada tahun 2023, ketika kita berbicara tentang potensi resesi, itu gelap, lampu atau senternya adalah UMKM. Kami berharap ini juga bisa dihadirkan di solo untuk revitalisasi ekonomi kita,” ujarnya.

Sementara itu, terkait kunjungan wisatawan, dia mengimbau semua pihak untuk bersiap-siap. Menurutnya, banyak peristiwa yang terjadi di Solo selama ini, sehingga berdampak baik pada peningkatan jumlah wisatawan.

“Target relokasi wisman tahun depan 1,4 miliar. Pak Luhut baru mengangkatnya. Hal pertama yang saya lihat adalah angka tahun ini direvisi dua kali. Awalnya 650 juta menjadi 770 juta, sekarang sudah melewati batas 800 juta pergerakan turis asing,” katanya.

Dari jumlah itu, kata dia, 80 persen di antaranya didukung angkutan darat, 10 persen angkutan laut, dan 10 persen angkutan udara.

“Solo bisa ditempuh dengan transportasi darat. Sehingga Solo membutuhkan destinasi baru, inovatif dan edukatif. Terima kasih Pak Wali (Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka) yang mendukung kehadiran destinasi untuk revitalisasi pariwisata kita, sehingga pariwisata kita bisa semakin menunjang perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Mengenai kemungkinan penerbangan internasional langsung ke dan dari Solo, pengerjaan akan dilanjutkan dalam waktu dekat, katanya.

“Saya tanya ke satpam apakah ada penerbangan langsung karena saat ASEAN Para Games ada penerbangan langsung tapi setelah acara berhenti,” katanya.

Terkait hal itu, pihaknya akan menghubungi langsung beberapa maskapai internasional untuk menghubungkan Solo dengan penerbangan langsung internasional.

“Seperti Air Asia, Malaysia Air juga sudah menyampaikan keinginannya. Ada banyak daerah di Jawa Timur bagian barat dengan konektivitas yang sangat baik, yang pintu masuknya adalah Solo,” katanya.

Baca juga: Sandiaga: UMKM Solusi Kemungkinan Resesi Tahun Depan

Baca juga: Sandiaga Uno Dukung Promosi dan Produktivitas UKM

Reporter: Aris Wasita
Penerbit: Ahmad Buchori
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button