Menobatkan Ponorogo sebagai Kota Kreatif, Ibukota Mendaftarkan Reog sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO - WisataHits
Yogyakarta

Menobatkan Ponorogo sebagai Kota Kreatif, Ibukota Mendaftarkan Reog sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Penetapan Ponorogo sebagai Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa) Indonesia pada tahun 2022 oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf RI) diharapkan dapat menjadi trigger untuk diajukannya kesenian Reog Ponorogo sebagai Warisan Budaya Tak Benda untuk United Nations Organization untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan (UNESCO).

Predikat kata kreatif Indonesia untuk Ponorogo tertuang dalam Keputusan Menparekraf/Kepala Baparekraf Nomor SK/84/DI.01.00/MK/2022 tanggal 8 Desember 2022 tentang Penetapan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia Tahun 2022.

Ditemukan bahwa dari 51 kabupaten/kota yang mengajukan diri menjadi Kata Kreatif Indonesia, hanya sembilan daerah yang dinyatakan layak menjadi Kata Kreatif.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan kepada TIMES Indonesia, Sabtu (10/12/2022), tim penjurian melakukan proses seleksi dan validasi pengisian formulir dan video peserta seleksi pada 21-29 November 2022.

Sugiri-Sancoko-2.jpg

“Dan kesenian Reog telah mengantarkan Ponorogo menjuarai Kata Kreatif Indonesia pada kategori seni pertunjukan tahun ini,” kata Bupati Sugiri Sancoko.

Menurutnya, ini berkat kerja keras semua pihak yang terlibat: “Ada pengrajin, pelaku UMKM dan akademisi. Dengan reog, alhamdulillah kita bisa menjadi bagian dari Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia,” komentar Bupati Sugiri Sancoko.

Ia juga berharap gelar kata kreatif Indonesia untuk Ponorogo ini akan membuat pemerintah dan pemerintah kota Ponorogo semakin inovatif dalam mengembangkan potensi wisata, baik destinasi wisata maupun seni dan kerajinan.
Selain Ponorogo, ada 8 daerah yang menerima Kata Kreatif Indonesia 2022, antara lain Kabupaten Bantul (Kerajinan), Kota Bitung (Kuliner), Kabupaten Bone Bolango (Fashion), Kabupaten Gunung Kidul (Seni Pertunjukan), Kabupaten Kemumen (Film, Animasi, video ), Kabupaten Lebak (kerajinan), Samosir (seni pertunjukan) dan Kota Sabang (kerajinan).

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button