Menjelang pergantian tahun, 27.000 kendaraan memasuki Yogyakarta, Malioboro yang padat - WisataHits
Yogyakarta

Menjelang pergantian tahun, 27.000 kendaraan memasuki Yogyakarta, Malioboro yang padat

TEMPO.CO, Yogyakarta – Hingga 20.000 kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, masuk ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sehari sebelum shift. Tahun baru, Sabtu, 31.12. Hasil Polda DIY mencatat total hampir 27.000 atau tepatnya 26.593 unit kendaraan roda dua dan roda empat masuk ke lokasi melalui pengawasan kamera dari pukul 00.01-20.00 WIB di empat pintu masuk DIY.

Detail kendaraan entri DIY untuk merayakan Tahun Baru

“Volume kendaraan bermotor terbanyak yang masuk ke DIY berasal dari arah timur (Solo) melalui pintu masuk Prambanan, sebanyak 10.492 kendaraan,” kata Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto, Sabtu malam. Sementara itu, 8.839 unit kendaraan bermotor berangkat dari Piyungan (gerbang selatan) menuju Yogyakarta, 3/802 unit dari Temon (gerbang barat) dan 3/802 unit dari Candi (gerbang utara).

Simak: Berikut rangkaian acara di 5 kabupaten dan kota di Yogyakarta pada malam pergantian tahun

Yuliyanto mengatakan volume kendaraan yang masuk ke Yogya pada hari menjelang tahun baru lebih sedikit atau menurun dibanding kemarin, Jumat 30 Desember 2022. Saat ini, mulai pukul 00.01 hingga 24.00 WIB, tercatat hampir 40.000 kendaraan atau tepatnya 39.032 unit kendaraan roda dua dan roda empat yang masuk ke Yogyakarta. Rinciannya dari Akses Prambanan sebanyak 14.770 unit, dari Piyungan sebanyak 11.431 unit, dari Temon sebanyak 4.091 unit dan dari Tempel sebanyak 8.740 unit.

Malioboro penuh dengan orang

Malam pergantian tahun hingga pukul 21.00 WIB itu, hanya kawasan Malioboro yang tampak ramai. “Tadi sekitar pukul 20.00 WIB, jalan yang melewati Jalan Gejayan depan Plaza Ambarrukmo di Janti Junction hingga Blok O terbilang lengang,” ujar warga Piyungan, Bantul, Antok.

Parwanto, warga Desa Bener di Kota Yogyakarta mengaku lega bisa melewati Jalan Malioboro yang aksesnya tidak ditutup untuk malam tahun baru seperti tahun-tahun sebelumnya. “Anda bisa mengendarai sepeda motor dan merasakan suasana kota,” katanya.

Polda Yogyakarta menegaskan tidak ada car free night di Kota Yogyakarta pada malam tahun baru agar wisatawan bisa lewat.

WICAKSONO SWASTA

Baca: Destinasi Wisata di Batam Cocok untuk Nonton Kembang Api di Malam Tahun Baru

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button