Menjelang hari raya Nataru, peminat paspor di Biro Imigrasi Malang semakin meningkat - WisataHits
Jawa Timur

Menjelang hari raya Nataru, peminat paspor di Biro Imigrasi Malang semakin meningkat

Menjelang hari raya Nataru, peminat paspor di Biro Imigrasi Malang semakin meningkat

Malang (Beritajatim.com) – Ramdhani, Kepala Pelayanan Imigrasi Kelas I TPI Malang, mengatakan permohonan penerbitan paspor luar negeri di Pelayanan Imigrasi Kelas I TPI Malang meningkat jelang Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) Desember ini.

Destinasi yang paling banyak dikunjungi adalah Singapura, Malaysia untuk pariwisata dan Arab Saudi untuk tujuan religi. Pelayanan hariannya juga melebihi kontingen yang dibatasi hanya 100 pendaftar.

“Ini berdasarkan pejabat kami menanyakan tujuan pembuatan paspor, Singapura dulu, kemudian Malaysia, kemungkinan libur, ada umrah juga,” kata Ramdhani, Jumat, 16 Desember 2022.

Ada beberapa faktor yang meningkatkan permintaan penerbitan paspor. Salah satunya adalah penurunan bertahap kasus Covid-19 dari pandemi menjadi endemik. Persentase kenaikannya mencapai 300 persen.

“Ini perbedaan besar dari tahun 2021, lebih dari 300 persen atau empat kali lipat dari sekarang. Karena ada pandemi dua tahun lalu, semua negara ditutup untuk kegiatan seperti pariwisata dan ibadah, sekarang pintu negara dibuka,” kata Ramdhani.

Lonjakan pengajuan paspor dimulai sekitar Maret lalu, ketika negara-negara yang sebelumnya tutup kembali membuka pintunya. Sebanyak 68.422 paspor dikeluarkan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang pada tahun 2022.

“Jadi warga kita berbondong-bondong ke luar negeri, sehingga animo masyarakat seperti umrah dan pariwisata semakin meningkat,” ujarnya. [luc/but]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button