Menjelang hari raya Nataru, Ganjar mengajak piknik di rumah - WisataHits
Jawa Timur

Menjelang hari raya Nataru, Ganjar mengajak piknik di rumah

JAKARTA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyerukan “Ayo piknik lokal” usai tampil sebagai pembicara Awal Paket Wisata 100 Nusantara (Pak Wisnu) di Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Jakarta, Senin (12/5/2022). Hal ini untuk mendukung upaya Presiden Indonesia Joko Widodo untuk memajukan dunia pariwisata Tanah Air.

Awal dilakukan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno. Pak Wisnu adalah upaya mengelabui wisatawan lokal agar berlibur hanya di Indonesia. Tiga paket wisata menantang disertakan di setiap provinsi.

Hal ini juga untuk mendukung tercapainya target 1,4 miliar pergerakan wisatawan pada tahun 2023. Target ini meningkat dari sebelumnya sebesar 700 juta pergerakan wisatawan domestik pada tahun 2022.

Tiga paket wisata Jawa Tengah yang masuk dalam daftar Pak Wisnu adalah Wisata Religi Ziarah Walisongo, One Day Tour Petualangan dan Belanja Jeep Solo sebaik Private Trip ke Pegunungan Merbabu.

“Saya senang diundang untuk berdiskusi dan mempromosikan tiga sekaligus di provinsi ini sebagai tujuan wisata lokal. Pak Wisnu, paket wisata nusantara,” kata Ganjar.

Ia menambahkan, Jateng tentu akan berperan dalam hal ini dengan bekerja sama dengan daerah lain. Dia memberi contoh untuk ziarah keagamaan Walisongo.

“Tentu saja tidak sendiri, Jawa Tengah. Tapi kami bekerja dengan tempat lain. Misalnya, kami biasa mempersembahkan sunan yang ada kepada mereka yang beragama. Mulai dari Cirebon, Jawa Tengah, sampai Jawa Timur satu paket,” jelasnya.

Menurut Ganjar, ini merupakan kebangkitan dunia pariwisata rumahan.

“Jadi kami membangun optimisme. Dan beberapa waktu lalu presiden berkata, “Ayo kita piknik di negeri ini,” kata gubernur berambut putih itu.

Saat ini, kata Ganjar, hanya tiga paket wisata yang masuk Pak Wisnu. Tugas daerah adalah membuat mereka dikenal di masyarakat.

“Sekarang kita coba kembangkan, dan hari ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memudahkan kita di daerah untuk mempromosikannya,” imbuhnya.

Namun fasilitas infrastruktur lainnya juga perlu mendapat perhatian. Misalnya, fasilitas umum di lokasi wisata.

“Itu adalah kabar baik. ah Awas toiletnya bersih, awas sampahnya. Saya kira itu yang menjadi perhatian kami,” ujarnya.

Ia menambahkan, kehadiran Pak Wisnu merupakan bagian dari perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Jadi menurut saya ini bagian dari keceriaan menjelang hari raya Nataru dan sekedar piknik di Indonesia,” ujarnya. (Wk/Ul, Diskominfo Jateng)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button