Menjelang akhir tahun okupansi hotel di Sleman perlahan meningkat - WisataHits
Yogyakarta

Menjelang akhir tahun okupansi hotel di Sleman perlahan meningkat

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN — Sektor pariwisata di Kabupaten Sleman menjelang akhir tahun ini menunjukkan pertumbuhan yang positif.

Okupansi atau utilisasi hunian hotel perlahan mulai meningkat dengan angka rata-rata di kisaran 60-65 persen. Jumlah ini dinilai lebih baik dari tahun lalu.

“Saat Natal dan pergantian tahun 2023, hotel dan restoran rata-rata memiliki tingkat okupansi 60-65 persen. Jika tidak ada yang salah, malam pergantian tahun ini mudah-mudahan meningkat dibanding tahun sebelumnya,” kata BPC PHRI Sleman. Ketua Joko Paromo pada Sabtu (11/12/2022).

Menurut Joko, okupansi hotel sekitar 35-40 persen tahun lalu. Sedangkan tahun ini relatif lebih baik. Ada banyak permintaan sejak hari Minggu pertama di bulan November. Dia menghitung rata-rata utilisasi antara 60 hingga 65 persen.

Ia berharap okupansi akan meningkat seiring dengan melambatnya pandemi. Karena revitalisasi sektor pariwisata akan berdampak signifikan terhadap perputaran ekonomi di kotamadya.

Selain itu, pajak hotel dan restoran merupakan penyumbang PAD tertinggi di daerah.

“Jadi kami berharap pariwisata menjadi prioritas. Kami meminta pembuat kebijakan untuk mengizinkan pariwisata berlanjut,” katanya.

Baca Juga: Dispar Sleman Optimis Balasan PAD Pariwisata Lampaui Target, Capai Rp 3,7 Miliar Hingga September

Sementara itu, Ishadi Zayid, Kepala Dinas Pariwisata Sleman, berharap pandemi COVID-19 tidak memperlambat laju pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Bumi Sembada dengan munculnya varian virus baru.

Karena tren pariwisata saat ini telah berkembang dengan baik. Sepengetahuannya, okupansi hotel saat ini cukup baik yakni 70 persen. Bahkan salah satu hotel di Prambanan sudah penuh dipesan untuk malam pergantian tahun.

“Hal ini menunjukkan bahwa pandemi ini (masalahnya) terletak pada pemberlakuan larangan tersebut. Tapi itu tidak menyurutkan minat mereka dalam kunjungan wisata,” katanya. (Tribunjogja/rif)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button