Menjelajahi pantai-pantai indah di Pangandaran - WisataHits
Jawa Barat

Menjelajahi pantai-pantai indah di Pangandaran

JAKARTA – Pangandaran, salah satu kabupaten di Jawa Barat dengan beragam destinasi wisata yang layak dijadikan tempat liburan bersama orang tersayang. Pangandaran terkenal dengan wisata pantainya yang menawan dengan berbagai aktivitasnya.

Pantai-pantai di sepanjang pesisir Pangandaran menawarkan eksotisme tersendiri. Nah, buat kamu yang ingin menjelajahi pantai-pantai di sana, berikut rekomendasinya.

Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas merupakan perpaduan nuansa alam antara obyek wisata Pangandaran dan Batu Hiu, dengan suasana alam yang tenang dan ombak laut yang bersahabat dengan pantai yang landai. Dengan suasana seperti itu, pengunjung pantai ini pasti akan betah berlama-lama.

Pantai Batu Karas terletak di Desa Batukaras Kecamatan Cijulang, sekitar 34 km dari Pangandaran. Pantainya yang landai dengan air lautnya yang biru tenang membuat Anda langsung berenang menikmati segarnya airnya.

Sambil menikmati angin sepoi-sepoi, bersantap di restoran yang tersedia bisa menjadi alternatif. Ada juga berbagai kegiatan lain seperti berperahu, berkemah, dan berselancar di Pantai Batu Karas.

Pantai Batu Hiu

Batu Hiu merupakan pantai dengan tebing yang cukup terjal yang menghadap Samudera Hindia. Batu Hiu berjarak sekitar 14 km dari pusat kota Pangandaran. Tujuan ini perlu ditambahkan ke daftar ember.

Pantai ini dinamakan Batu Hiu karena bebatuan yang menyerupai sirip ikan hiu dapat dilihat di laut. Pantai Batu Hiu memiliki panorama alam yang sangat indah. Dari atas bukit kecil yang ditumbuhi pohon pandan wong terlihat deburan ombak yang bergulung-gulung putih.

Bertengger di atas bukit kecil yang ditanami pandan wong, inilah tempat terbaik untuk menikmati pantai Batu Hiu. Untuk naik ke atas bukit, uniknya Anda melewati “gerbang” bukit berupa terowongan kecil berbentuk ikan hiu. Jadi seperti di mulut hiu.

Anda juga bisa bermain air laut di sebelah bukit. Namun, hati-hati dengan banyaknya ubur-ubur yang bertebaran di pantai.

Pemandangan Pantai Batu Hiu di Pangandaran, Jawa Barat. Shutterstock/Akhmad Dody Firmansyah

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan primadona wisata pantai di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran. Di pantai ini Anda bisa melihat sunrise dan sunset dari tempat yang sama.

Pantai berpasir putih ini memiliki celah antar pasang surut yang relatif besar, sehingga aman untuk berenang. Ada juga taman laut di pantai ini dengan ikan dan biota laut yang menggemaskan.

Dengan faktor pendukung tersebut, wisatawan yang datang ke Pangandaran bisa menikmati berbagai aktivitas seperti snorkeling, diving, memancing, wisata sepeda dan lain-lain.

Acara adat di sini adalah Hajat Laut, yaitu upacara yang dilakukan oleh para nelayan di Pangandaran untuk menunjukkan rasa syukur mereka atas kemurahan Tuhan dengan membuang sesaji ke laut lepas. Acara ini biasanya diadakan setiap bulan Muharram.

Pantai Madasa

Ditumbuhi pepohonan hijau, Pantai Madasari terbentang dalam satu dataran, dan terdapat jalan setapak yang menghubungkan dengan tempat wisata lainnya seperti Pantai Batu Karas.

Pantai Madasari terletak di Desa Masawah Kecamatan Cimerak yang dapat ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan. Pantai Madasari berjarak sekitar 40 km dari Pantai Pangandaran.

Pantai ini menawarkan panorama alam yang istimewa dengan pulau-pulau kecilnya yang juga dihiasi bebatuan unik. Bagi anda yang ingin menginap di Pantai Madasari, anda bisa mendirikan kemah di bumi perkemahan untuk menikmati dinginnya malam sambil bernyanyi bersama teman-teman anda. Pantai ini juga dilengkapi dengan wahana hiburan dan outbond.

Itulah rekomendasi pantai-pantai menarik saat berlibur di pangandaran. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan demi kelestarian pantai agar tidak tercemar di kemudian hari.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button