Menjelajahi kendaraan dunia yang berbeda di Museum Angkut - WisataHits
Jawa Timur

Menjelajahi kendaraan dunia yang berbeda di Museum Angkut

JAKARTA – Kota Batu, salah satu daerah di Jawa Timur, menciptakan kenangan yang tak terlupakan. Suhu udara yang sejuk dan menyejukkan dipadukan dengan beberapa keistimewaan wisata yang mengesankan.

Kawasan yang tepat untuk dijelajahi sambil menikmati waktu di kota ini adalah mengunjungi Museum Angkut. Di museum ini Anda akan menemukan berbagai alat transportasi dari tahun 80-an hingga saat ini. Mulai dari pelosok negeri hingga mancanegara. Semuanya bisa dinikmati di Museum Angkut.

Museum Angkut merupakan museum transportasi modern pertama di Indonesia. Memadukan unsur seni dan budaya yang mengusung konsep pendidikan dan hiburan.

Sejak dibuka pada tahun 2014, museum ini telah menarik banyak wisatawan setiap tahunnya. Ide dan konsep museum yang cemerlang menjadikan Museum Angkut sebagai museum transportasi pertama di Asia.

Di dalam Museum Angkut, sekitar 300 koleksi alat transportasi dipajang di lahan seluas 3,8 hektar. Oleh karena itu, bagi Anda yang menyukai mobil klasik wajib menyempatkan diri untuk datang ke sini.

Sekarang,Jika ingin berkunjung ke tempat rekreasi keluarga yang satu ini, Anda bisa datang pada siang hari karena Museum Angkut Batu Malang dibuka pada pukul 12.00 WIB.

Ingin tahu apa saja yang bisa Anda temukan saat mengunjungi Museum Angkut? Berikut beberapa tempat yang bisa dikunjungi di Museum Angkut yang terbagi dalam beberapa zona.

zona ruang utama

Zona ini akan Anda temukan begitu memasuki pintu masuk utama Museum Angkut. Di ruangan ini Anda bisa melihat berbagai koleksi alat transportasi dari masa ke masa.

Ada sepeda untuk berbagai jenis mobil dari berbagai negara. Koleksi-koleksi tersebut ditata dengan elegan sehingga pengunjung akan terkejut dan terkesan dengan dekorasi ruangan.

Zona Sunda-Kelapa dan Batavia

Seperti namanya, di zona ini Anda bisa melihat pelabuhan Sunda Kelapa pada zaman dahulu. Pelabuhan ini setia diciptakan kembali dari museum untuk memberikan pengalaman seperti di masa lalu. Ada juga berbagai miniatur kapal yang berlabuh di sini.

Di pelabuhan Anda juga dapat menemukan toko-toko dalam ejaan Belanda yang umum pada saat itu. Kemudian di zona ini Anda juga bisa mendapatkan ilmu berharga tentang perkembangan Sunda Kelapa dan Batavia dari masa ke masa.

zona Uni Eropa

Zona Uni Eropa diwakili oleh empat negara besar di Eropa, yaitu Inggris Raya, Jerman, Prancis, dan Italia. Salah satu yang paling terkenal adalah koleksi mobil vintage buatan Inggris.

Mobil antik dengan nilai sejarah dari Inggris yang pernah digunakan oleh Ratu Elizabeth II juga dipajang di sini. Mobil Land Rover ini pernah menjadi kendaraan utama Ratu saat parade di Australia.

Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto di depan miniatur Istana Buckingham yang terkenal di depannya. Istana adalah tempat yang populer dan tempat terakhir yang dikunjungi Ratu Elizabeth II sebelum pulang.

Zona Gangster dan Broadway

Zona ini menciptakan kembali suasana kota Chicago pada tahun 1920, ketika seorang gangster terkenal bernama Al Capone hidup. Selama tahun itu, Al Capone terlibat dalam banyak kejahatan seperti prostitusi, penyuapan, dan alkohol.

Pengunjung diundang untuk mengikuti jejak Al Capone di wahana gangster dan Broadway. Selain itu tentunya Anda juga akan merasakan sensasi berada di kota Chicago.

Zona Hollywood

Bagi yang ingin mengunjungi Hollywood namun terkendala dengan biaya yang mahal, Anda bisa langsung mengunjungi Transport Museum dan tidak harus jauh-jauh ke Amerika.

Di zona ini Anda bisa melihat beberapa replika kendaraan box office Hollywood seperti Batman’s Bat Mobile dan Mystery Machine, mobil dari seri Scooby Doo. Jika Anda ingin melihat Hulk maka ini adalah tempat untuk berfoto dengan makhluk hijau besar ini.

zona simulator

Tak hanya koleksi mobil, moda transportasi lain seperti pesawat terbang juga ada di sini. Jika Anda penasaran dengan cara menerbangkan pesawat, kunjungi “Flight Training” di zona simulator ini.

Meski sebatas pelatihan saja, akan ada kokpit pesawat yang menemani Anda belajar menerbangkan pesawat. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang seru dan tak terlupakan karena Anda akan merasa seperti seorang pilot sungguhan.

Zona Las Vegas

Siapa yang tidak tahu Las Vegas? Anda tidak perlu jauh-jauh hanya untuk berfoto di Las Vegas karena di Museum of Transport Anda bisa mendapatkan pengalaman yang tidak jauh berbeda dengan mengunjungi Las Vegas secara langsung.

Saat Anda memasuki zona ini, Anda akan disambut dengan gerbang “Welcome to Las Vegas” yang megah. Rasakan sensasi luar biasa dari kota Las Vegas yang glamor dan modern.

zona pendidikan

Sebagai wahana wisata yang mengusung konsep edukasi, Museum Angkut tentunya menyediakan zona edukasi. Bagi Anda yang datang ke museum ini bersama keluarga dan anak-anak, zona ini wajib Anda kunjungi.

Tema pendidikan untuk anak sangat kental di zona ini. Hal ini didukung dengan warna dan pencahayaan interior yang menarik. Selain itu, anak-anak bisa betah di sini dengan memberikan informasi yang sederhana, menyenangkan dan informatif.

Museum Tanah Air Indonesia

Museum Angkut juga menampilkan berbagai jenis peninggalan dan koleksi senjata tradisional di Museum Pusaka Indonesia. Ribuan koleksi unik benda asli Indonesia dipajang di sini.

Perkakas kuno bernilai sejarah dihadirkan untuk memperkaya pengetahuan wisatawan akan seni budaya nusantara.

Menariknya, zona yang juga dikenal sebagai Museum d’Topeng ini juga menampilkan senjata tradisional khas negara lain. Pastikan untuk memasukkan zona ini ke dalam daftar tempat yang harus dikunjungi Museum Transportasi.

Zona pasar terapung nusantara

Lapar? Kunjungi pasar terapung Transport Museum. Di sini Anda dapat menikmati dan mengkonsumsi kuliner yang ditawarkan. Ada berbagai jenis makanan khas Indonesia seperti bakso, gado-gado, nasi timbel hingga rujak cingur.

Jika ingin membeli oleh-oleh, zona ini adalah tempat yang tepat. Di sini banyak pengrajin, terutama yang menjual kerajinan tangan khas sebagai oleh-oleh. Seperti namanya, proses jual beli ini dilakukan di atas perahu yang mirip dengan pasar air di kota Balikpapan Kamu tahu.

Selain zona tersebut, wisatawan juga bisa mencoba mengunjungi zona menarik lainnya seperti British Beefeater, Paris Eiffel Tower, RI Cars and Helicopters dan City Station. Ada juga zona Scoci, Parade, Runway 27, VR hingga zona Amsterdam yang wajib kamu jelajahi.

Museum Angkut Kota Batu Malang terletak di Jalan Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Selamat berlibur!

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button