Menjaga Keandalan Listrik Selama KTT G20, PLN resmi mengoperasikan pemindahan PLTG dari Grati ke Bali - WisataHits
Yogyakarta

Menjaga Keandalan Listrik Selama KTT G20, PLN resmi mengoperasikan pemindahan PLTG dari Grati ke Bali

NUSA DUA—PT PLN (Persero) resmi mengelola relokasi Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Gratis 1×100 Megawatt (MW) dari Jawa Timur ke Pesanggaran, Bali. Pemindahan PLTU tersebut untuk memperkuat pasokan listrik untuk KTT G20 di Bali.

Pada peresmian pemindahan PLTG Grati yang digelar di Nusa Dua Bali pada Selasa (11/11), Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, upaya penyelesaian pemindahan tersebut dilakukan dengan kerja keras staf PLN, untuk memastikan keandalan daya. pada KTT G20. Menurutnya, hal ini juga sebagai respon atas kepercayaan pemerintah dalam mengamankan pasokan listrik saat pelaksanaan KTT G20.

“PLN ditugaskan untuk menjelaskan negara dan juga untuk mendukung agenda acara tingkat dunia, yaitu KTT G20 di Pulau Dewata. Agenda ini akan langsung kita awasi dan pastikan bisa selesai sesuai rencana,” kata Darmawan.

DIDUKUNG:

Kepresidenan G20 Indonesia, momentum pemulihan dunia dari krisis global

Permintaan listrik diperkirakan meningkat 25 persen selama KTT G20, dari 846 MW menjadi 980 MW selama acara G20.

“Dengan pindahnya PLTG Grati ke Pesanggaran, saat ini kapasitas PLN untuk subsistem Bali adalah 1.422 MW. Ini menyisakan 442 MW dari perkiraan beban maksimum untuk KTT G20. Saat ini saya sedang mengecek apakah persiapan untuk menjaga kehandalan listrik sudah siap,” imbuhnya.

Selain relokasi pembangkit, PLN juga memastikan keandalan transmisi dan distribusi. Sebut saja penguatan transmisi, gardu induk, peremajaan peralatan asesmen, dan peningkatan proteksi.

Darmawan mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai hal secara detail tindakan program keamanan listrik di Bali selama KTT G20. “Kami juga merancang klasifikasi keamanan untuk beberapa Lokasi Seperti bandara, hotel, kawasan wisata, rumah sakit,” imbuhnya.

Untuk kesiapan implementasi G20, PLN telah menyiapkan 1.079 pegawai dengan 62 pos jaga. Keberhasilan implementasi G20 di Indonesia akan menjadi bukti kehandalan kelistrikan PLN dalam mendukung kegiatan berstandar dunia. Oleh karena itu, PLN akan memastikan persiapan yang matang, terutama dari sisi pembangkitan hingga transmisi Lokasi Program.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button