Menjaga keamanan di 33 pantai selama liburan akhir tahun, 328 petugas Sarlinmas telah disiagakan - WisataHits
Yogyakarta

Menjaga keamanan di 33 pantai selama liburan akhir tahun, 328 petugas Sarlinmas telah disiagakan

Harianjogja.com, JOGJA—Menyambut libur akhir tahun, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY menyiapkan 328 personel Sarlinmas DIY untuk menjaga 33 lokasi pantai.

Deteksi dini gelombang tinggi juga dilakukan Sarlinma DIY dengan mempertimbangkan cuaca ekstrim dan gelombang tinggi yang terjadi belakangan ini. Dari ratusan pantai di DIY, hanya 33 yang memiliki penjaga dan petugas Sarlinmas.

Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad menjelaskan, pemaksimalan personel terus dilakukan melalui diadakannya pelatihan dan deteksi dini kecelakaan khususnya di pantai.

“Kami sudah siap dan diminta lebih giat lagi, karena selain libur akhir tahun, gelombang tinggi bisa menyebabkan kecelakaan laut,” ujarnya, Minggu (20/11/2022).

BACA JUGA: Ribuan Muktamar Muhammadiyah yang bergembira menyerbu Jogja

Noviar mengatakan sarlinmas DIY biasa terjadi mulai dari Pantai Sadeng, Gunungkidul hingga Pantai Glagah di Kulon Progo, serta Waduk Sermo dan kawasan Kaliurang. “Semua dilakukan untuk menjaga keamanan, khususnya di objek wisata,” ujarnya.

Jelang libur akhir tahun, persiapan sarana prasarana juga dilakukan, jelas Noviar. “Kami telah menambah dan meningkatkan infrastruktur, kami telah memperbarui pengobatan pertolongan pertama, dan ambulans juga telah disiagakan,” katanya.

Noviar juga mengimbau masyarakat dan wisatawan tetap waspada. “Karena petugasnya juga terbatas, masyarakat juga harus saling memperhatikan dan menjaga, kewaspadaan ditingkatkan,” imbaunya.

Kepala Satpol PP DIY Nur Hidayat mengatakan, berbagai persiapan sudah dilakukan secara maksimal. “Juga dipasang rambu-rambu khusus, misalnya rambu larangan mandi karena mungkin semuanya ada di dekat palung, diharapkan Pemkot mengikuti itu,” ujarnya.

Hidayat mengatakan, jumlah staf Sarlinmas sebenarnya tidak ideal. “Tapi kalau melihat performa mereka secara keseluruhan, patut diapresiasi karena mereka benar-benar penjaga keistimewaan Pesisir Selatan DIY,” ujarnya.

Staf Sarlinmas, kata Hidayat, patut diapresiasi atas kegigihannya dalam menjaga keamanan dan memajukan kawasan objek wisata tersebut.

“Keterampilan dan kemampuannya tidak diragukan lagi, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir karena staf kami selalu siaga,” katanya.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button