Meningkatkan potensi desa, FT USM dan Pemdes Kalongan terus menjalin kerjasama - WisataHits
Jawa Tengah

Meningkatkan potensi desa, FT USM dan Pemdes Kalongan terus menjalin kerjasama

Meningkatkan potensi desa, FT USM dan Pemdes Kalongan terus menjalin kerjasama

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Cooperation Agreement (PCS) melalui transformasi Desa Kalong menjadi Desa Binaan pada Jumat, 13 Januari 2023 di Kantor Pemerintahan Desa Kalong. (Foto. USM)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Fakultas Teknik Universitas Semarang (FT USM) dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Kalongan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan mendirikan Desa Kalong. desa yang dibiayai. , pada hari Jumat tanggal 13 Januari 2023 di Kantor Pemdes Kalongan.

Sementara MoU dan PKS ditandatangani oleh Wakil Dekan I FT USM Ferry Firmawan, ST MT PhD dan Kepala Desa Kalongan Yarmuji.

Dalam wawancaranya, Pembantu Dekan I FT USM mengatakan desa layan ini merupakan komitmen untuk menindaklanjuti semua temuan penelitian dari para akademisi di USM agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara langsung.

“Maka program Desa Binaan yang kami mulai tahun 2023 ini merupakan komitmen kami sebagai akademisi untuk dapat menelusuri semua temuan dari hasil penelitian sehingga penelitian dalam hasil produk penelitian baik prototype maupun dalam prototype secara alami mengumpulkan manfaat harus dapat diterapkan, dia berkata.

“Manfaat ini yang kemudian harus dirasakan langsung oleh masyarakat, maka diperlukan daerah, daerah yang kemudian mengimplementasikan hasil atau produk dari penelitian tersebut, dan jawabannya terletak pada desa binaan,” lanjutnya.

Kemudian Ferry menjelaskan bahwa di depan desa Kalongan, FT USM telah menerapkan hasil penelitian di desa Jabungan dan Rowosari terkait penggunaan pipa resapan horizontal, kemudian ada juga beberapa penelitian lainnya.

Ferry berharap desa-desa yang didanai dapat mengintegrasikan tiga jurusan FT USM yang ada, yaitu jurusan Teknik Sipil, Listrik dan Perkotaan (PWK), agar dapat berpartisipasi bersama.

Pembantu Dekan I FT USM menyatakan, dalam waktu seminggu program sarjana PWK akan mengadakan pelatihan perencanaan pariwisata. Ia mengatakan akan melakukan perbaikan terhadap apa yang telah dilaksanakan.

“Dalam sepekan ini prodi PWK akan mengadakan pelatihan perencanaan pariwisata karena sudah ada embrio yang sudah ada di sini yaitu Desa Wisata Kalongan,” terangnya.

“Kami akan melakukan perbaikan terhadap apa yang telah dilaksanakan. Perencanaan ini harus dilakukan seperti yang diharapkan oleh kepala desa, karena ternyata apa yang telah dilakukan di desa kalongan ini masih belum ada dasar keilmuannya, belum ada karya akademik, sehingga konsep yang dijalankan adalah untuk memperkuat apa yang sudah ada. ,” dia berkata.

Sementara itu, Kepala Desa Kalongan berharap kerjasama dengan USM dapat menciptakan simbiosis timbal balik dalam hal program yang ada di desa dan USM.

“Harapan kami setelah penandatanganan MoU dan kerjasama ini dapat terwujud simbiosis timbal balik terkait dengan program-program yang ada di desa dan USM, sehingga kami berharap USM nantinya dapat memberikan banyak masukan terkait berbagai hal yang akan dilakukan. dapat dikembangkan di desa, termasuk meneliti dan mengembangkan potensi yang ada di desa agar lebih bermanfaat bagi masyarakat,” harap Yarmuji.

Ditambahkannya, USM juga bisa menjadikan desa Kalongan ini sebagai wahana pembelajaran mahasiswa dan pengabdian masyarakat sebagai bentuk respon sosial USM. (Mushonifin)

Baca lebih banyak berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button