MENINGKATKAN KERJASAMA DAN EFISIENSI DENGAN KWT JASMINE - WisataHits
Yogyakarta

MENINGKATKAN KERJASAMA DAN EFISIENSI DENGAN KWT JASMINE

TRIBUNJATENG.COM – Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta bekerjasama dengan masyarakat di Padukuhan Nologaten berhasil diselenggarakan pada Minggu (24/7/2022). KKN PPM UMBY kembali offline setelah dua tahun online akibat pandemi Covid-19. Kali ini, diharapkan para pemangku kepentingan dan mahasiswa dapat bekerja sama dengan baik untuk membentuk solidaritas dan kekeluargaan serta mencapai tujuan program kerja KKN-PPM, yaitu mengembangkan dan memperkuat sumber daya alam ekologis ekowisata di Padukuhan Nologaten.

Dokumentasi KKN-PPM Mandiri Group 15Dokumentasi KKN-PPM Mandiri Grup 15 (IST)

Dengan motto “Pengembangan Ekowisata dan Penguatan Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati di Padukuhan Nologaten”, Kepala Dusun Padukuhan Nologaten (Sulistyo Eko Narmono, Amd.), Ketua KWT Melati (Wahyu Hanani, SE) turut serta dalam lompatan tersebut. , Pembimbing Lapangan (DPL) ) yaitu (Eno Casmi, SE, MBA), Kota Padukuhan Nologaten dan Mahasiswa Mandiri KKN UMBY Kelompok 15.

“Saya berterima kasih dan menyambut mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di Padukuhan nologats dengan program kerja yang telah disiapkan. Semoga semua program kerja yang disusun mahasiswa dapat tercapai dengan cita-cita dan cita-cita nologat Padukuhan. Selain itu, kegiatan KKN ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar masyarakat yang sudah lama terdampak Covid-19.” Sulistyo Eko selaku Ketua Dukuh Padukuhan Nologats.

Rombongan 15 mahasiswa KKN-PPM UMBY turut menyukseskan kegiatan lompat tersebut dengan menghadirkan program kerja dan berbaur dengan masyarakat. “Mahasiswa dan masyarakat di Padukuhan Nologaten diharapkan dapat bersinergi untuk mengembangkan dan melaksanakan program pemberdayaan KWT Melati, mengembangkan ekowisata dan menyelesaikan permasalahan yang ada karena mereka terkena dampak Covid-19 selama kurang lebih dua tahun. Semoga KWT Melati juga bisa lebih semangat dan menyerang balik dalam pengembangan ekowisatanya untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan dengan program kerja yang disusun oleh mahasiswa Kelompok 15.” Lulus Eno Casmi, SE., MBA selaku DPL Kelompok 15.

Puncak acara penyerahan KKN-PPM kali ini adalah keterikatan almamater kepada mahasiswa UMBY dan penegasan bahwa KKN-PPM telah dimulai dan mahasiswa siap mengabdi kepada masyarakat. Selain itu, Laelaty Mubarokah selaku anggota Kelompok 15 mengatakan, “Kami dari Kelompok 15 siap melaksanakan KKN-PPM di Ekowisata KWT Melati sesuai program kerja. Besar harapan kami agar cita-cita dan cita-cita kami di KWT Melati dapat tercapai, yaitu agar KWT Melati dapat lebih dikembangkan dan diperkuat untuk kesejahteraan dusun Nologaten. Karena KWT Melati juga memiliki banyak potensi sumber daya alam, maka ekowisatanya bisa dijadikan sebagai tempat nongkrong anak muda milenial atau sebagai tempat wisata keluarga untuk menambah suku pada Ekowisata KWT Melati.

Di awal program kerja KKN-PPM, Kelompok 15 melakukan pengabdian masyarakat bersama masyarakat RT 1 di lokasi ekowisata dan membuka kembali Angkringan KWT Melati di Taman Ekowisata Padukuhan Nologaten pada Selasa (26/7/2022). tempat yang strategis, dimana anda bisa menikmati keindahan Padukuhan Nologats di tengah kota dengan harga makanan dan minuman yang sangat variatif dan tentunya harga yang populer. Pembeli dapat menikmati berbagai produk olahan KWT Melati, selain itu angkringan KWT Melati menggunakan sistem komisi. Selain Angkringan, KWT Melati juga memiliki berbagai olahan lain seperti jamu, jajanan pasar, dan produk kerajinan tangan seperti rajutan dan tie dye, yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan KWT Melati. Kelompok 15 berharap KWT Melati dapat lebih menunjukkan kreativitasnya dalam meningkatkan potensi, memiliki semangat dan menghadapi berbagai kompetisi yang masih dipandang sebelah mata oleh sebagian kalangan yang berjenis kelamin perempuan.

Pembicara:
Lisna Rodhatul Jannah – Humas Grup 15 (0858-2606-3761)

Source: jateng.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button