Meningkat, 14.000 wisatawan mengunjungi Museum Buya Hamka pada tahun 2022 - WisataHits
Jawa Barat

Meningkat, 14.000 wisatawan mengunjungi Museum Buya Hamka pada tahun 2022

Meningkat, 14.000 wisatawan mengunjungi Museum Buya Hamka pada tahun 2022

Kamis, 5 Januari 2023 | 21:49 WIB

| penulis :

Buku catatan : tobari

Agama, InfoPublik – Sebanyak 14.343 wisatawan dari berbagai daerah mengunjungi destinasi wisata Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam pada tahun 2022.

Jumlah ini terus meningkat cukup signifikan dibandingkan tahun lalu, seiring dengan melambatnya pandemi COVID-19.

Pemandu Museum Buya Hamka, Dasri mengatakan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan tersebut disebabkan beberapa faktor, seperti Juara 2 Museum Buya Hamka dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021, serta promosi yang tinggi melalui media sosial dari pengunjung. .

Dikatakannya, para pengunjung datang dari berbagai daerah di Indonesia seperti Aceh, Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar dan daerah lainnya.

“Alhamdulillah, jumlah pengunjung sudah mulai meningkat pascapandemi Covid-19. Sebanyak 14.343 wisatawan mengunjungi Museum Buya Hamka pada tahun 2022,” kata Dasri kepada awak media, Kamis (1 Mei 2023).

Ia menambahkan, mayoritas wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata sejarah adalah mahasiswa, mahasiswa, dan masyarakat umum yang datang berombongan.

Selain itu, museum yang terletak di pinggir Danau Maninjau ini juga sering dikunjungi wisatawan mancanegara, terutama dari Malaysia.

Dia menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan pada 2022, yakni Januari 1.269 pengunjung, Februari 669 pengunjung, Maret 771 pengunjung, April 161 pengunjung, Mei 2.787 pengunjung, Juni 1.381 pengunjung.

1.102 pengunjung di bulan Juli, 1.016 pengunjung di bulan Agustus, 850 pengunjung di bulan September, 2.108 pengunjung di bulan Oktober, 448 pengunjung di bulan November dan 1.781 pengunjung di bulan Desember.

Pada tahun 2021, jumlah kunjungan wisatawan tercatat sebanyak 8.132 pengunjung.

“Kunjungan wisatawan paling banyak datang pada bulan Mei sebanyak 2.787 orang, karena bertepatan dengan Idul Fitri, sehingga banyak para pendatang yang memanfaatkan liburannya untuk datang ke sini,” ujarnya.

Lebih lanjut diketahui, situs Museum Buya Hamka ini pernah dijadikan sebagai tempat perlombaan bagi siswa TK hingga SMA.

Sejumlah lomba digelar, antara lain lomba lukis Buya Hamka di tingkat TK, lomba baca puisi di tingkat SD, dan lomba seni Minangkabau di tingkat SMP dan SMA.

“Selain itu, mahasiswa sering datang ke sini untuk belajar tentang kisah hidup dan kearifan Buya Hamka,” kata Dasri.

Di dalam museum pengunjung dapat langsung melihat barang-barang Buya Hamka seperti baju, tongkat jalan, mesin tik, foto sejarah, tempat tidur dan koleksi lainnya.

Pemandu juga akan memberi tahu pengunjung tentang jalan hidup, keluarga, dan sejarah ulama besar. Kemudian menjelaskan makna dari kata mutiara yang dikumpulkan oleh Buya Hamka. (MC Agam/toeb)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button