Menikmati keindahan alam Pantai Karapyak di Pangandaran - WisataHits
wisatahits

Menikmati keindahan alam Pantai Karapyak di Pangandaran

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Bagolo, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Pangandaran merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Selain terkenal dengan budaya Ronggeng Gunungnya, ternyata Pangandaran juga memiliki potensi wisata yang besar yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Pantai dan sungai menjadi andalan pariwisata di Kabupaten Pangandaran.

Di kabupaten Pangandaran, Anda bisa menikmati banyak objek wisata yang ditawarkan. Keadaan alamnya yang begitu indah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk ingin mengunjunginya. Tak salah jika Pangandaran mengemban misi menjadi kawasan wisata global pada 2025.

Jika Anda tinggal di kabupaten Pangandaran, ada satu pantai yang wajib masuk daftar destinasi liburan Anda yaitu Pantai Karapyak. Pantai yang terletak di desa Bagolo ini sangat unik dengan fenomena alam yang tidak bisa Anda temukan di pantai lain. Dengan kondisi alam yang masih asri dan sejuk, sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur dan menjauh dari hiruk pikuk kota.

Lihatlah keindahan Pantai Karapyak

Pemandangan Pantai KarapyakKredit gambar: Google Maps Pantai Karapyak Pasir putih

Pantai Karapyak adalah pantai pasir putih yang dihiasi dengan karang yang indah. Pantai ini terletak di salah satu desa di Kabupaten Pangandaran yaitu desa Bagolo. Keunikan pantai ini adalah fenomena alam yang menakjubkan, yaitu laut dua warna. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan langsung fenomena alam ini di pantai Karapyak.

Pada dasarnya fenomena ini terjadi pada saat pertemuan antara air sungai Citanduy dan air laut lepas. Fenomena alam ini hanya akan ada ketika jumlah arus Sungai Citanduy menguat sehingga Anda akan melihat perbedaan warna yang kontras antara air Sungai Citanduy dengan air laut.

Sangat sedikit orang yang mengetahui tentang Pantai Karapyak, sehingga jumlah pengunjung pada wisata ini masih tergolong sepi. Ini adalah kesempatan bagi Anda yang ingin berlibur ke suatu tempat yang santai dan tenang bersama pasangan atau teman Anda.

Meski di Pantai Karapyak tidak diperbolehkan berenang, namun Anda tetap bisa menikmati keindahan alam berupa hamparan pasir putih yang luas sepanjang 5 kilometer dan biota alamnya seperti ikan-ikan kecil dan kepiting yang terkadang tertinggal.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Karapyak

Aktivitas di Pantai KarapyakKredit gambar: Google Maps Ulin Chanel

Hal pertama yang dapat Anda lakukan di Pantai Karapyak adalah berjalan-jalan di sepanjang pasir putih sambil menikmati keindahan alamnya. Selain panorama pantai yang sangat indah, Anda juga bisa melihat tumbuhan khas pantai yang indah ini seperti pohon kelapa dan bakau.

Jika Anda datang ke pantai Karapyak pada sore hari, jangan terburu-buru untuk pulang. Karena kita bisa menyesal melewatkan sunset yang begitu indah. Momen sunset ini bisa kamu abadikan melalui foto atau video kemudian kamu bisa membagikannya ke media sosial.

Bagi Anda yang hobi memancing, Pantai Karapyak adalah tempat yang tepat untuk Anda. Di sana Anda bisa memancing bersama penduduk lokal dan wisatawan lain saat air surut. Jika Anda beruntung, Anda dapat menemukan ikan kerapu yang sangat enak untuk dimasak.

Berkemah adalah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan tidak hanya di pegunungan tetapi juga di pantai. Dengan hamparan pasir putih yang luas, Anda bisa berkemah di Pantai Karapyak. Pastikan untuk mengajak teman atau keluarga agar kegiatan camping ini semakin seru dan menyenangkan.

Setelah Anda memancing dan mendirikan tenda di pantai, Anda bisa mulai menyalakan api untuk membakar ikan yang Anda tangkap. Anda juga bisa membeli ikan mentah untuk dibakar sendiri jika merasa hasil tangkapannya kurang. Jangan lupa juga untuk menyiapkan bumbu-bumbunya agar ikan bakar Anda semakin enak untuk disantap.

Tidak lengkap rasanya jika Anda berwisata tanpa berfoto. Di pantai Karapyak ini banyak sekali spot foto bagus yang bisa kamu jelajahi untuk mengabadikan momen. Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, tempat ini sangat cocok untuk menambah koleksi karya Anda.

Pantai Karapyak sangat dekat dengan Pulau Nusakambangan yang dikenal sebagai pulau penjara bagi orang-orang dengan tingkat kriminalitas tinggi. Anda bisa sampai di sana dengan naik perahu sewaan untuk sekedar memuaskan rasa penasaran Anda.

Sejarah Pantai Karapyak di Pangandaran

Sejarah Pantai KarapyakKredit gambar: Google Maps Atabiq Semarsnack

Pantai Karapyak sangat dekat dengan pelabuhan Majingklak dimana pelabuhan ini menjadi tempat singgah kapal-kapal kerajaan dari Mataram. Tak heran jika banyak prasasti dan makam orang-orang kerajaan Mataram pada abad ke-16 di perbukitan sekitar pantai.

Ada makam yang sering dijadikan tempat ziarah dan dianggap keramat oleh warga sekitar. Penduduk setempat menyebutnya Makam Kyai Panjing. Itu adalah nama panggilan dari penduduk lokal dan bukan nama sebenarnya. Menurut cerita, Kyai Panjing adalah salah satu ulama yang menyebarkan agama Islam dari Kerajaan Mataram.

Tidak jauh dari makam Kyai Panjing, Anda akan menemukan sebuah batu berbentuk segi empat. Menurut informasi yang diperoleh, batu tersebut merupakan tempat favorit para kyai untuk bersemedi dan beristirahat. Banyak penduduk setempat percaya bahwa hasil tangkapan ikan akan lebih banyak dengan berdoa melalui batu.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Karapyak

Fasilitas Pantai KarapyakKredit Gambar: Google Maps Ryan Jawa Barat

Demi kenyamanan bersama dan untuk menunjang aktivitas selama berwisata ke Pantai Karapyak, tour leader menyediakan berbagai fasilitas yang diperlukan bagi pengunjung. Jangan ragu untuk memanfaatkan fasilitas yang ada.

Beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan adalah tempat parkir yang luas, mushola, toilet, pendopo wisata, warung makan, tempat pelelangan ikan, dll. Menurut pengunjung yang datang ke Pantai Karapyak, harga makanan di warung yang terletak di sirkuit ini relatif murah.

Lokasi dan harga tiket masuk Pantai Karapyak

Lokasi Pantai KarapyakKredit Gambar: Google Maps Hendra Haryana 20 Channel

Sayangnya, tidak ada angkutan umum yang bisa mengantar Anda ke Pantai Karapyak, karena tempat wisata di Jawa Barat ini tergolong baru dan pengunjungnya masih belum banyak. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Akses jalan menuju Pantai Karapyak sudah beraspal dengan ciri khas jalan pantai yang berkelok-kelok. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena ada banyak petunjuk arah menuju pantai ini. Sepanjang perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hutan yang lebat.

Bagi yang berangkat dari Bandung dan Cilacap, Anda bisa menggunakan Tol Nasional Jawa Selatan menuju kota Banjar. Sesampainya di kota Banjar, Anda membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mengunjungi pantai Karapyak.

Harga tiket masuk Pantai Karapyak tergantung dari jenis kendaraan Anda. Jika menggunakan sepeda motor roda dua tarifnya 20.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat adalah 51.000. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pengelola.

Demikian bagi anda yang membutuhkan informasi tentang wisata pantai karapyak. Pantainya selalu indah dan hanya sedikit orang yang mengetahuinya. Bagi Anda yang tinggal di Jawa Barat, tidak ada salahnya untuk mengunjungi pantai eksotis ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button