Menikmati alam Budug Asu di kaki Gunung Arjuno | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media - WisataHits
Jawa Timur

Menikmati alam Budug Asu di kaki Gunung Arjuno | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media

Menikmati alam Budug Asu di kaki Gunung Arjuno |  Berita Malang hari ini |  Malang Posco Media

Salah satu alasan Malang menarik begitu banyak petualang adalah dataran tingginya. Kontur tanah yang berbeda diapit oleh beberapa lempeng tektonik dan pegunungan membuat Kabupaten Malang menjadi tujuan wisata yang beragam. Salah satunya Bumi Perkemahan Budug Asu di Desa Toyomarto Kecamatan Singosari.

Wisata yang diberi nama Puncak Budug Asu ini memiliki pemandangan yang memperlihatkan pegunungan dan layak dinikmati pengunjung dalam waktu yang lama. Berada di ketinggian sekitar 2.000 mdpl, Budug Asu diselimuti udara sejuk. Destinasi ini dikelola oleh Perum Perhutani melalui RPH Desa Toyomarto. Budug Asu adalah nama bukit yang diberikan warga setempat dari kata Bodog Asu.

Awalnya tempat wisata ini hanya digunakan oleh para pelintas atau off-roader sebagai jalur utama di kaki Gunung Arjuno. Selain itu juga sering digunakan untuk bermalam menikmati langit senja dan matahari terbit dari perbukitan. Semula, Budug Asu terdaftar sejak 2016. Pada awalnya sangat diminati oleh para penghobi off-road dan dirt bike. Lambat laun banyak yang ingin pergi berkemah.

Di sebelah barat lokasi ini terdapat hamparan kebun teh hijau. Ada juga gardu pandang di Bukit Budug Asu yang menjadi ikon untuk foto selfie. Letak Budug Asu membuat suasana tempat ini begitu sejuk dan cocok untuk pendaki gunung pemula dan pecinta camping. Namun akses jalan menuju ke sana masih sulit, licin, berlumpur dan berbatu.

Untuk mencapai lokasi, jarak tempuh melalui jalan darat cukup panjang, sekitar lima kilometer. Sepanjang akses jalan menuju Budug Asu kita melewati pohon pinus dan kebun teh. Tak jarang ada tanjakan. Budug Asu memang cocok bagi penyuka wisata petualangan di alam liar. Dari segi biaya, hanya dikenakan biaya Rp 10.000 per orang.

Ada biaya Rp 20.000 untuk satu sepeda motor untuk parkir semalam. Hari ini sangat populer sebagai jalur pendaki dan sepeda. Banyak juga yang bermalam dengan tenda. Dipinggir jalan masih banyak warung-warung yang dikelola warga setempat yang menyediakan makanan dan minuman bagi para pengunjung yang datang. (tyo/mar)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button