Menggabungkan konsep sport tourism dan Lomba Renang Pelajar Nasional menjadi salah satu cara menggairahkan pariwisata di Bangkalan - WisataHits
Jawa Timur

Menggabungkan konsep sport tourism dan Lomba Renang Pelajar Nasional menjadi salah satu cara menggairahkan pariwisata di Bangkalan

SURYA.CO.ID, BANGKALAN – Kegiatan olahraga luar ruang atau yang dikenal dengan sport tourism saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bangkalan mencoba memadukan konsep olahraga dan pariwisata dengan menggunakan kolam renang Goa Pote Bukit Jaddih di Desa Parseh Kecamatan Socah sebagai tempat berlangsungnya acara Bangkalan Open Student Swim tingkat nasional pada hari Minggu terpilih (08 /09/2022).

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bangkalan Fauzan Jakfar mengatakan Dispora Kabupaten Bangkalan menjadikan kawasan wisata alam Bukit Jaddih sebagai tempat penyelenggaraan kejuaraan renang Piala Bupati Bangkalan merupakan keputusan yang tepat.

“Bagus karena lokasi pelaksanaannya juga mendukung destinasi wisata. Sehingga apa yang disebut dengan sport tourism dapat tercapai. Padahal, event olahraga seharusnya menjadi kegiatan industri di masa depan,” kata Fauzan MATAHARIKamis (9/8/2022).

Wisata alam di Bukit Jaddih sebenarnya telah menjadi destinasi wisata di Kabupaten Bangkalan dalam satu dekade terakhir. tidak hanya menawarkan panorama keindahan perbukitan, tetapi juga menawarkan danau buatan dan kolam renang.

Pesona kolam renang Goa Pote di alam terbuka dan pada kedalaman sekitar tujuh meter di bawah permukaan menjadi salah satu ikon wisata di Bangkalan. Hadir di tengah perbukitan kapur, kolam berukuran 50 x 40 meter.

“Ke depan KONI Bangkalan juga akan ke sana (sport tourism), tapi pengembangan olahraga tidak bisa mengesampingkan penciptaan hub ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, pariwisata olahraga berkembang pesat dan bahkan menjadi salah satu tren penggerak sektor pariwisata di Indonesia. Menariknya, berkat keindahan alam dan budayanya, Indonesia saat ini dianggap sebagai ikon pariwisata olahraga dunia.

Sementara itu, Ketua Dispora Bangkalan Ahmad Ahadian Hamid mengungkapkan, antusiasme peserta dari berbagai daerah di Indonesia tak terbendung. Jumlah peserta yang awalnya terbatas hanya 300 atlet pelajar, bertambah menjadi lebih dari 400 atlet. “Pada rapat juknis (juknis) tadi malam, akhirnya kami menyepakati 400 peserta,” kata Ahadian.

Ia menjelaskan, keputusan menggelar lomba renang tingkat nasional untuk pelajar di wisata Bukit Jaddih tidak lepas dari tekad untuk mengembalikan dan merevitalisasi semangat ekonomi masyarakat di sekitar kawasan wisata alam tersebut.

“Dari informasi yang kami terima, sepertinya wisata di sana tutup, jumlah pengunjungnya berkurang. Jadi kami mohon doa dari masyarakat Bangkalan, semoga event renang nasional siswa SMA se-Indonesia di Bukit Jaddih ini sukses dan lancar,” pungkasnya.

Pada “Renang Siswa Bangkalan Terbuka” dipertandingkan 25 nomor. Mulai dari tingkatan siswa SD putra dan putri kelahiran tahun 2014, siswa SD putri kelahiran 2011-2012, siswa SMP kelahiran 2007-2009 dan siswa SMA kelahiran 2004-2006. Gaya yang dipertandingkan antara lain gaya bebas, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. *****

Source: surabaya.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button