Mendaki Gunung Kembar I di Gugus Arjuno-Welirang - WisataHits
Jawa Timur

Mendaki Gunung Kembar I di Gugus Arjuno-Welirang

Surabaya

Jawa Timur memiliki banyak gunung yang menjulang tinggi. Hingga saat ini, keindahan pegunungan di Jawa Timur masih menjadi salah satu daya tarik.

Pemandangan alam yang indah dan sejuknya udara pegunungan bisa menghilangkan kepenatan dalam perjalanan yang menantang. Tak heran para pendaki berbondong-bondong mengunjungi gunung tersebut.

Salah satu gunung di Jawa Timur yang memiliki keindahan alam adalah Gunung Kembar I. Gunung ini terletak di antara Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto.

Pegunungan Kembar I termasuk dalam jajaran pegunungan yang sama dengan Pegunungan Kembar II, Gunung Arjuno dan Gunung Welirang. Dengan demikian, Gunung Kembar I masih dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Pegunungan Kembar I memiliki ketinggian 3.058 meter dan dikelilingi oleh Hutan Dipterokarpa Bukit, Hutan Dipterokarpa Atas, Hutan Montane dan Hutan Ericaceous.

Beberapa pendaki yang menuju Gunung Welirang biasanya menyempatkan diri untuk mendaki Gunung Kembar I karena berada di antara Gunung Welirang dan Gunung Kembar II.

Untuk menuju Gunung Kembar I, pendaki bisa mengikuti jalur pendakian yang sama dengan Gunung Welirang. Yakni jalur Lawang, Tretes, Batu, Karangploso, Sumberawan dan Purwosari.

Gunung Kembar I berada di dekat lembah Lengkehan, yang biasanya digunakan sebagai tempat mendirikan tenda. Lembah Lengkehan adalah dataran luas yang dikelilingi oleh pohon cantigi kuno dan pinus tinggi.

Jika ingin bermalam di lembah Lengkehan, pendaki harus menyediakan air karena tidak ada sumber air di sana. Angin di lembah Lengkehan juga cukup kencang, sehingga tenda perlu dipasangi pasak yang kuat. Ada juga banyak hewan yang berkeliaran bebas di lembah ini, seperti babi hutan dan rusa.

Dari Lembah Lengkehan, pendaki dapat mendaki Gunung Kembar I dengan waktu tempuh sekitar 30-40 menit tergantung kondisi fisik dan kondisi cuaca.

Sesampainya di puncak Gunung Kembar I, kita bisa melihat Gunung Welirang dan Gunung Kembar II berdiri dengan bangga. Puncak Gunung Kembar I juga sering menjadi tempat untuk menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam.

Tonton video “Ribuan Pengemudi Ojol di Jawa Timur untuk Demonstrasi Jalan”.
[Gambas:Video 20detik]
(matahari matahari)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button