Mencicipi sate kuda empuk dan kenyal di Denggung Sleman - WisataHits
Yogyakarta

Mencicipi sate kuda empuk dan kenyal di Denggung Sleman

sleman

Kota Jogja tidak hanya dikenal dengan wisata budayanya, tetapi juga kulinernya yang beraneka ragam. Salah satunya menu sate kuda di Denggung, Sleman.

Tekstur daging di gerai Sate Kuda Denggung dibumbui dengan kecap manis, timun dan irisan kol serta memiliki rasa yang manis. Dagingnya empuk, meski agak keras.

Sate kuda ini disajikan dengan 5 tusuk sate per porsi. Sekilas memang tidak ada yang membedakan daging kuda ini dengan sate lainnya. Namun, ukuran sate kuda ini memiliki potongan daging yang lebih besar dan padat.

Keunikan sate kuda ini terletak pada tekstur dagingnya yang tidak terlalu berlemak dan lebih berserat. Perbedaan lain dari sate daging lainnya adalah tidak ada irisan lemak di tengah potongan dagingnya.

Sate kuda di Denggung, Sleman.  Sate kuda Sarini dijual seharga Rp 24.000 per porsi atau lima tusuk.Sate kuda di Denggung, Sleman. Sate kuda sarini ini berlokasi di Denggung, Sleman (Foto: Anggah/detikJateng)

Kematangan sate kuda di kandang Sarini terasa pas. Cita rasa daging sate kuda diperkaya dengan sejumput lada.

Warung Sate Kuda Denggung ini terletak di Jalan Magelang Km 9 Mulungankulon, Sendangandi, Mlati, Sleman. Tidak sulit untuk mencapai warung sate kuda ini karena berada tepat di pinggir jalan utama.

Dari arah selatan, warung ini berada persis di sebelah kiri Jalan Magelang KM 9. Lokasinya berada di sebelah barat tugu Adipura Sleman, atau tepatnya 500 meter sebelum tugu jika datang dari arah selatan.

Berkunjung ke warung Sate Kuda Denggung, Sarini sang pemilik warung terlihat duduk sambil mengiris mentimun. Sari, sapaan akrabnya, mengaku berjualan sate kuda sejak 2005.

“Sejak tahun 2005 saya berjualan dulu harga daging kuda Rp 35.000, sampai sekarang Rp 150.000 karena dulu langka ya? Banyak bakso, soto,” kata Sarini saat ditemui di warungnya, Sleman, Senin (5/12/2022).

Sarini menjual seporsi sate kuda seharga Rp 24.000 untuk 5 tusuk. Selain sate kuda, gerai Sarini juga menawarkan olahan tongseng dan rica-rica.

Harga kedua menu tersebut sama, yakni Rp 24.000 per porsi. Sedangkan nasi dibandrol dengan harga Rp 3.000 per porsi. Selain itu, menu minuman yang ditawarkan seperti teh, jeruk, dan kopi mulai dari Rp3.000.

Sarini mengaku mengonsumsi sekitar 3 kilogram daging kuda setiap hari. Jam buka stand sate kuda ini adalah dari pukul 08.00-21.00 WIB.

“Rata-rata penjualannya tidak seperti dulu sekarang gan sebelum 5kg selesai jam 4 sore padahal sekarang mau habis 3kg jam 9 malam. Ya rata-rata 3 kg per hari,” kata Sarini.

Sate kuda di Denggung, Sleman.  Sate kuda Sarini dijual seharga Rp 24.000 per porsi atau lima tusuk.Sate kuda di Denggung, Sleman. Sate kuda Sarini dijual seharga Rp 24.000 per porsi atau lima tusuk. Foto: Anggah/Jateng Kedua

Pengolahan sate ini juga sangat mudah, dagingnya tetap terlihat segar tanpa direndam terlebih dahulu. Baru beberapa kali Sarini terlihat mencelupkan daging sate dengan bumbu rahasianya.

“Pengolahannya mudah, tinggal masukkan ke dalam bumbunya, jangan direndam, dagingnya saja yang dibakar,” kata Sarini.

Tonton videonya Inilah Kuliner Sate Kuda Ekstrem dan Satu-Satunya di Ponorogo
[Gambas:Video 20detik]
(Ams/Ahr)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button