Mencari Batik khas Surabaya? Ini dia variasinya, jangan salah paham - WisataHits
Jawa Timur

Mencari Batik khas Surabaya? Ini dia variasinya, jangan salah paham

Surabaya News – Bagi warga luar kota yang berkunjung ke kota Surabaya tentu ingin mendapatkan oleh-oleh atau oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat di tempat asalnya. Selama ini kota Surabaya dikenal sebagai surga kuliner, seperti Rawon Setan, Rawonrechner, Pecel Semanggi dan masih banyak lagi. Namun, semua makanan dimakan di tempat. Saat mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang, terkadang mereka bingung.

Oleh karena itu, apa yang mereka bawa tidak jauh dari makanan kemasan. Sama seperti Sambal Bu Rudy yang sudah terkenal dimana-mana. Hal ini akhirnya mendorong Pemerintah Kota Surabaya untuk menggali potensi berbagai oleh-oleh, selain makanan, yang dapat menjadi oleh-oleh khas Kota Pahlawan.

Jenis oleh-oleh lain selain makanan yang saat ini sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Surabaya adalah kain batik. Batik dikenal sebagai kain khas kota Yogyakarta dan Solo. Namun, saat ini kain tie dye juga sedang dikembangkan oleh kota-kota lain dengan ciri khasnya masing-masing. Seperti tie dye madura yang memiliki warna cerah.

Untuk batik khas surabaya sendiri sebenarnya ada banyak sekali. Mulai dari Batik Teyeng, Batik Mangrove dan sebagainya. Namun, corak batik tersebut tidak serta merta mencerminkan ciri khas kota Surabaya itu sendiri. Oleh karena itu, beberapa waktu lalu Pemkot Surabaya menggelar Lomba Desain Batik Surabaya 2022.

Akhirnya, setelah melalui penilaian yang sangat ketat oleh tim juri profesional, terpilihlah 6 motif batik khas kota Surabaya. Kain tie-dye ini adalah motif tie-dye Sparkling, Kintir-Kiriran, Abhi Boyo, Gembili Wonokromo, Kembang Bungur, dan Remo Surabaya. Ke-6 motif batik tersebut sebenarnya tidak ditemukan di daerah lain sehingga menjadi motif asli khas Surabaya.

Tidak main-main, dalam hal ini Pemkot Surabaya juga telah mendaftarkan enam motif tersebut ke Kemenkumham untuk mendapatkan hak paten. Selain itu, Pemkot Surabaya juga memperkenalkan motif batik ala Surabaya dengan menggelar Festival Tari Spontan bekerjasama dengan Surabaya Batik Event. Nantinya, akan ada artis ibu kota yang mengenakan baju batik khas Surabaya, seperti Bunga Citra Lestari, Kunto Aji dan Kahitna.

Batik khas kota Surabaya ini bisa didapatkan di outlet resmi Kota Surabaya yaitu Galeri Kriya Surabaya yang beralamat di bawah ini:

1.Jalan Dr. Ir H Soekarno No. II Middle East Ring Road (MERR),
2. Gedung Siola Lantai 1 No. 1 – 3 Jalan Tunjungan,

3. Kebun Binatang Surabaya (KBS) No.1 Jalan Setail,
4. RSUD BDH Jalan Buletin No. 115 – 117 Lantai 1
5. Sentra Ikan Bulak (SIB).
6. Juga di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), Lantai II, Jalan Joyoboyo No. 1,
7. Park and Ride Lantai 2 112 Jalan Mayjen Sungkono,
8. UPTSA Timur Jalan Menur No.31C,
9. Park and Ride Jalan Arif Rahman Hakim No.100
10. Traffic Light Parkir Bus Area Wisata Religi

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button