Menarik semuanya – Artis Risty Tagor dan 1.545 peserta memeriahkan Festival Layang-layang Kalianda 2022 - WisataHits
Jawa Barat

Menarik semuanya – Artis Risty Tagor dan 1.545 peserta memeriahkan Festival Layang-layang Kalianda 2022

Festival Layang-layang Kalianda di Pantai Kedu Varna, Sabtu (10/9/2022). Foto: Handika/kupastuntas.co

Kupastuntas.co, Lampung Selatan – Artis Risty Tagor dan 1.545 peserta memeriahkan Festival Layang-layang Kalianda 2022 Diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) melalui Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan Komite Olahraga Kreatif Masyarakat Indonesia (KORMI) Lampung.

Hal ini dilakukan untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara serta untuk mempromosikan destinasi wisata lokal. Acara berlangsung pada Sabtu (9 Oktober 2022) di Pantai Kedu Varna.

Ketua Gerakan Pesona Wisata Lampung Selatan (P2LS) Winarni Nanang Ermanto dalam sambutannya mengatakan ada tiga poin utama dalam penyelenggaraan festival tersebut.

“Festival Layang-Layang kami selenggarakan dengan maksud dan tujuan yang pertama untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dalam rangka persatuan dan kesatuan serta menghilangkan ego sektoral untuk memajukan Kabupaten Lampung Selatan tercinta,” ujarnya.

Kedua, festival ini dimaksudkan sebagai upaya melestarikan permainan tradisional layang-layang yang diharapkan dapat memberikan nilai positif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Lampung Selatan.

“Ketiga, mengambil peran keberadaan destinasi wisata, konsisten, untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. Serta memberi ruang bagi pelaku UMKM di Kabupaten Lampung Selatan untuk maju,” imbuhnya.

Festival layang-layang sendiri terbagi dalam beberapa kategori yaitu tarik tambang, kreasi, tren atau lomba layang-layang. Selain itu juga dimeriahkan dengan lomba peragaan busana, lomba melukis dan lomba jemur bonsai.

“Selain itu kami informasikan juga bahwa lomba layang-layang ini diikuti oleh para pecinta layang-layang dari 5 provinsi yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten dan Sumatera Selatan serta beberapa daerah di Kabupaten Lampung Selatan.” kata Bunda Winarni. , nama panggilannya.

Jumlah peserta kontes layang-layang yang terdaftar kemudian dibagi ke dalam kategori umum. Dimana terdapat 64 lomba layang-layang dan drag, 44 layang-layang kreatif dan 27 layang-layang. Selain kategori umum, ada juga kategori pendaftar untuk OPD yaitu 248 naga ciptaan dan 22 naga.

Selain lomba layang-layang, juga diadakan workshop dan lomba peragaan busana untuk kategori pelajar yang diikuti 86 peserta, kemudian kategori umum sebanyak 106 peserta, dan kategori OPD sebanyak 66 peserta. Sementara itu, 270 peserta lomba melukis naga siap bertanding. Terakhir ada lomba jemur bonsai Kalianda dengan jumlah peserta 52 orang.

“Ringkasan jumlah peserta dan pendamping kegiatan ini sebanyak 1.545 orang. Semoga Allah subhanahu wata’ala meridhoi maksud dan tujuan kita, pariwisata di Lampung Selatan banyak pengunjungnya dan cepat maju, Amin,” pungkas Bunda Winarni.

Bupati Lampung Selatan H Nanang Ermanto secara singkat menyatakan dukungannya atas terselenggaranya festival layang-layang, kemudian ia naik panggung bersama unsur Forkopimda yang hadir dan menggedor gong sebagai tanda dimulainya perlombaan.

Selain lomba, acara juga dimeriahkan dengan bazar UMKM dan penampilan bintang sinetron bernama asli Arestia Ramadhany Tagor atau Risty Tagor.

Source: kupastuntas.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button