Menarik! Inilah 5 Tradisi Unik Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia di Berbagai Daerah - WisataHits
Yogyakarta

Menarik! Inilah 5 Tradisi Unik Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia di Berbagai Daerah

Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76

JAKARTA, Lightning.com- Hari Kemerdekaan Indonesia semakin dekat. Banyak orang dari berbagai daerah memiliki cara tersendiri untuk merayakannya Hari Kemerdekaan Indonesia.

Selain upacara bendera, lomba dan dekorasi rumah dengan berbagai 17 pernak pernik. Dan masih banyak tradisi unik perayaan 17 Agustus yang biasa dirayakan masyarakat pada momen tahunan ini.

Padahal, tradisi ini biasanya berlangsung di berbagai provinsi atau daerah yang sudah dilakukan secara turun temurun.

Berikut beberapa tradisi unik 17 Agustus di berbagai daerah:

1. Tirakatan, Yogyakarta

Tirakatan adalah kegiatan syukuran yang dilakukan oleh masyarakat Yogyakarta. Rangkaian kegiatan ini telah berlangsung sejak kemerdekaan dan dipertahankan hingga saat ini.

Baca juga:
Teriakan Penjual Barang ‘Agustus’ PPKM Ditingkatkan

Biasanya menjelang malam Tirakat pada perayaan Hari H tanggal 17 Agustus, warga setempat akan menggelar lomba yang ke-17. Dan berlanjut ke malam Hari Kemerdekaan. Warga berkumpul di satu tempat untuk berdoa bersama, melakukan refleksi malam dengan tokoh masyarakat, makan dan berbagi hadiah untuk lomba.

Relay Obor ke-2, Semarang

Ada juga tradisi unik di Semarang, yaitu obor estafet. Tradisi ini kabarnya sudah digelar setiap Hari Kemerdekaan Indonesia selama puluhan tahun. Pesaing yang membawa obor estafet ini bukanlah orang biasa. Melainkan atlet putra dan putri terbaik asal Semarang.

3. Sepak bola durian, kebumen

Tradisi unik lainnya untuk merayakan 17 Agustus juga dilakukan oleh masyarakat Kebumen, Jawa Tengah, yaitu sepak bola durian. Seperti aturan sepak bola pada umumnya, kedua tim akan bertanding, namun bola yang digunakan adalah buah durian.

Namun, hanya kelompok tertentu yang diperbolehkan mengikuti permainan sepak bola ekstrim ini. Terutama orang dewasa dan anggota kelompok spiritual.

Parade Jampana ke-4, Bandung

Bandung juga memiliki tradisi unik dalam merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Masyarakat Bandung biasanya mengadakan Parade Jampana, sebuah parade yang menampilkan hasil bumi dengan diiringi musik dan tarian khas kesenian Sunda.

Berbagai jenis hasil bumi seperti buah-buahan, sayur-sayuran, beras, gandum hingga kerajinan tangan dibawa dalam prosesi keliling desa.Semua produk tertata rapi di atas tandu khusus yang dihiasi pernak-pernik kemerdekaan, menciptakan suasana yang sangat meriah.

5. Peresean, Lombok

Terakhir, tradisi unik Hari Kemerdekaan Indonesia berasal dari Lombok yaitu Peresean, permainan tradisional Lombok yang dimainkan oleh dua peserta pria dari suku Sasak, Lombok. Keduanya bertarung dengan tameng dan rotan. Uniknya selama pertandingan, suara musik tradisional tidak bisa berhenti sama sekali dan acara peresian ini diawasi langsung oleh banyak juri. (Ulf)

Source: www.kilat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button