Menara Merah Putih, tempat terbaik untuk menikmati panorama laut yang indah di Sabang - WisataHits
wisatahits

Menara Merah Putih, tempat terbaik untuk menikmati panorama laut yang indah di Sabang

Harga tiket: -, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kuta Barat, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh; Kasus: Verifikasi lokasi

Berlibur ternyata tidak selalu harus mengunjungi tempat wisata alam. Anda juga bisa mengunjungi wisata yang sengaja dibuat oleh tangan manusia, seperti menara merah putih di Kota Sabang. Seperti diketahui, Kota Sabang merupakan salah satu kota yang banyak dikunjungi.

Kawasan wisata kota Sabang memang mampu mendatangkan banyak pengunjung ke kota tersebut. Misalnya wisata berupa pantai, pegunungan dan sejenisnya. Namun, hal lain yang harus Anda lihat saat berada di Kota Sabang adalah menara yang terlihat begitu unik.

Menara ini dikenal dengan nama Merah Putih. Denominasi sesuai dengan warna menara merah dan putih yang dominan. Tempat ini sangat indah dan layak untuk Anda kunjungi.

Daya Tarik Menara Merah Putih

Atraksi menara merah putihKredit gambar: Google Maps Ichsan Darmawan

1. Menara yang indah dan unik

Daya tarik pertama dari kawasan wisata ini adalah menaranya yang terlihat begitu unik dan indah. Menara merah putih memiliki warna merah dan putih yang mendominasi. Menara ini berada di kawasan pelabuhan Sabang. Kawasan ini menjadi salah satu tempat wisata yang paling populer.

Banyak wisatawan khususnya warga lokal yang berkunjung ke tempat tersebut saat akhir pekan tiba. Untuk itu, saat Anda berlibur ke sini, jangan heran jika melihat beberapa turis memadati tempat tersebut.

2. Ada taman yang indah

Daya tarik berikutnya yang membuat menara merah putih ini banyak dikunjungi wisatawan adalah pengunjung bisa menemukan taman yang begitu indah di sini. Taman menara sangat terawat.

Untuk itu sangat cocok dijadikan sebagai tempat berfoto, terutama bagi anda yang memang sangat menyukai seni fotografi.

3. Pusat Kuliner

Daya tarik lain menara merah putihKredit Gambar: Instagram Juleys. Saya

Yang membuat pengunjung betah saat berada di tempat ini adalah anda akan menjumpai warung-warung yang menjajakan berbagai macam makanan khas kota Sabang yang tentunya sangat menggugah selera. Di tempat ini pengunjung yang datang tidak akan melewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai kuliner yang nikmat.

4. Ada jembatan ponton

Atraksi selanjutnya yang juga termasuk dalam menara merah putih ini adalah adanya jembatan ponton. Jembatan ponton terkenal sangat indah dan Anda akan melihat beberapa perahu kecil lewat.

Sebelumnya, di kawasan jembatan ponton terdapat jembatan permanen yang disebut dengan jembatan polisi, karena letaknya persis bersebelahan dengan kantor polisi lama. Ada juga yang menyebutnya Jembatan Syahbandar karena letaknya tepat di depan bekas kantor Sabang Kesyahbandar.

Di jembatan itulah kapal-kapal layar beristirahat dan di sini juga kapal layar turis asing sering berlabuh. Saat ini 2 nama tersebut tinggal kenangan, setelah jembatan tersebut hilang diganti dengan jembatan terapung yang terlihat begitu indah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Menara Merah PutihKredit Gambar: Google Maps Bagoes Hardy

Bagi Anda yang ingin menyaksikan secara langsung keunikan dan keindahan Menara Merah Putih, tak ada salahnya berwisata ke provinsi Aceh. Tempat ini berada di kota Sabang tepatnya di Sukakarya. Untuk menuju ke sana nanti, Anda bisa menggunakan angkutan umum.

Atau bagi Anda yang membawa kendaraan gratis, Anda bisa meluncur langsung menuju tower. Disarankan agar Anda lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Memang nantinya aktivitas liburan Anda akan lebih seru dan fleksibel.

Anda bisa bebas singgah di tempat wisata lain di kota Sabang. Di sekitar menara memang ada beberapa tempat wisata lain yang layak untuk dikunjungi. Untuk masalah rute menuju tower, cukup mudah.

Namun jika Anda masih kurang yakin, Anda bisa menggunakan bantuan navigasi Google Maps yang sudah terpasang di smartphone Anda. Akses jalan sangat baik, hal ini dikarenakan tower ini memang berada di kawasan perkotaan.

Untuk informasi jam buka tiket tidak dipungut biaya masuk. Atau dengan kata lain disini pengunjung bisa bebas datang ke Menara Merah Putih tanpa ada kompensasi apapun.

Biaya hanya akan dikenakan jika pengunjung membawa kendaraan. Sebab nantinya, kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat harus parkir di area yang telah ditentukan.

Mengenai masalah jam buka pelayanan, menara ini buka 24 jam sehari. Anda bisa mengunjungi tempat tersebut pada pagi, siang atau malam hari. Jika Anda datang ke tempat ini pada saat akhir pekan, maka tentunya menjadi sesuatu yang lebih seru lagi.

Karena nantinya Anda akan bertemu dengan orang-orang yang juga ingin menikmati keindahan menara tersebut. Akhir pekan adalah saat banyak pengunjung berduyun-duyun ke menara merah ini.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Menara Merah Putih

Aktivitas Menara Merah PutihKredit gambar: Google Maps Ridha Rizky

1. Mencari spot foto yang bagus

Banyak sekali kegiatan seru dan tentunya akan membuat anda semakin bersemangat saat berada di menara Merah Putih. Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan di tempat ini adalah berburu spot foto yang indah.

Kawasan wisata bahari yang menarik ini memang dikenal memiliki spot foto yang cantik dan tentunya sangat instagenic. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan kamera dan smartphone Anda untuk mengabadikan semua keindahan tersebut dalam sebuah bingkai foto.

Bagi Anda yang gemar melakukan fotografi, menara ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk mencari dan berburu foto yang Instagramable. Tidak jarang wisatawan yang datang ke tempat ini memanfaatkan waktunya disana untuk berfoto bersama teman-temannya.

2. Naiki menara merah putih

Bagi pengunjung yang penasaran dengan menara dan puncak menara, mereka kemudian diperbolehkan menaiki menara. Anda dapat menaiki menara melalui tangga yang mengelilingi menara berbentuk persegi panjang.

Tangga ini memang sengaja dibuat dan disiapkan untuk siapa saja yang ingin melihat menara di puncaknya. Sesampainya di puncak menara, nantinya pengunjung bisa sekalian menikmati keindahan alam sekitarnya.

Anda bisa melihat keindahan panorama laut yang begitu indah. Apalagi jika memilih waktu saat sore hari. Saat senja, tentu akan membuat keindahan tempat ini semakin indah dan tak tertandingi oleh tempat manapun.

Dari puncak menara berwarna merah putih ini, Anda dapat merasakan hembusan angin yang kencang menerpa tubuh Anda, serta warna jingga langit yang menyatu dengan birunya laut.Perpaduan ini tentunya akan menciptakan pemandangan yang luar biasa dan tak terlupakan.

Oleh karena itu wajar jika di puncak menara pada sore hari Anda akan menjumpai banyak turis yang sangat sibuk. Pastikan untuk berhati-hati saat memanjat menara. Meski tangga dilengkapi dengan pengaman berupa pegangan di bagian pinggirnya, namun untuk langkah aman Anda perlu menapak dengan hati-hati.

3. Nikmati memasak

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu daya tarik Menara Merah Putih adalah tempat ini menjadi salah satu pusat kuliner Kota Sabang. Di sekitar menara, pengunjung akan menjumpai beberapa warung makan dan penjual makanan ringan.

Bagi Anda yang sangat hobi memasak, maka kesempatan emas ini tidak boleh Anda lewatkan. Di sinilah Anda bisa mencicipi berbagai jenis masakan khas kota Sabang. Yang tak kalah menarik adalah harga kuliner di tempat ini sangat terjangkau.

Menikmati makanan lezat dan minuman dingin sambil mengagumi keindahan laut di dekat menara tentu menjadi ide yang tepat untuk dilakukan.

Fasilitas yang tersedia di area menara

Fasilitas Menara Merah PutihKredit Gambar: Sabang Tourism Facebook

Mengenai fasilitasnya sendiri, Menara Merah Putih telah menyediakan beberapa fasilitas yang memadai. Tak jauh dari tempat ini Anda akan dengan mudah menemukan lokasi toilet.

Begitu juga untuk area parkir, telah direncanakan beberapa area parkir yang cukup luas dan dijaga ketat. Dengan begini Anda tidak perlu bingung saat ingin memarkir kendaraan.

Fasilitas lain yang juga bisa ditemui adalah warung makan dengan berbagai macam hidangan yang lezat. Berlibur di tempat ini pasti akan membuat pengalaman liburan Anda semakin seru. Apalagi pada malam hari Anda akan menemukan fasilitas berupa kelap-kelip lampu yang indah.

Demikian penjelasan tentang menara merah putih di kota Sabang. Bagi Anda yang berkunjung ke kota tersebut, tak ada salahnya mampir sejenak di menara ikonik ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button