Mempromosikan sektor Parekraf Indonesia di pasar lokal dan global merupakan strategi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif - WisataHits
wisatahits

Mempromosikan sektor Parekraf Indonesia di pasar lokal dan global merupakan strategi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menerapkan strategi khusus untuk terus mempromosikan potensi sektor pariwisata dan kreatif Indonesia di pasar lokal dan global.

Dalam Ruang Diskusi Pemasaran dan Pariwisata Minat Khusus dan MICE – Acara Rapat Koordinasi Parekraf Nasional Tahun 2022 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat pada Jumat (16/12/2022), Asisten Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Made Ayu Marthini mengatakan adanya perubahan tren pasar parekraf pasca pandemi COVID-19, dimana saat ini wisatawan lebih memilih berwisata dengan kualitas yang lebih baik dan penuh aktivitas, bukan sekedar relaksasi.

Mempromosikan sektor Parekraf Indonesia di pasar lokal dan global merupakan strategi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi KreatifMempromosikan sektor Parekraf Indonesia di pasar lokal dan global merupakan strategi Kemenparekraf, foto: Kemenparekraf

Terlebih lagi, kelompok usia konsumen pasar parekraf di Indonesia saat ini didominasi oleh generasi milenial yang mendambakan pengetahuan dan informasi yang menarik, ringkas, padat dan jelas.

“Jadi sebagai media promosi harus menarik, singkat, jelas dan penuh pencitraan.”

kata Martini.

Untuk menggaet pasar milenial, kata Marthini, selain promosi yang singkat, kuat, dan jelas, menggelar event unik dan menarik saat low season juga bisa menjadi cara untuk menarik wisatawan dari pasar milenial.

“Jadi saat low season kita malah tidak bersantai, malah harus beraktifitas agar ada daya tarik saat low season,”

dia berkata.

Marthini menambahkan, digitalisasi juga berperan penting dalam memasarkan potensi sektor parekraf Indonesia di pasar domestik dan internasional.

“Mau tidak mau, kita harus merangkul digitalisasi dan memanfaatkannya sebagai sarana promosi (potensi parekraf)”,

kata Martini.

Analis Muda Keimigrasian Direktorat Lalu Lintas Keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM, Wachid Kuntjoro Djati menambahkan, untuk mendukung pemasaran pasar Parekraf Indonesia di luar negeri, pihaknya selalu menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Salah satunya menyangkut penetapan kebijakan kunjungan bebas visa bagi wisatawan asing.

“Kebijakan ini dilakukan dengan tujuan untuk menghidupkan kembali perekonomian Indonesia yang terdampak oleh pandemi COVID-19, khususnya untuk memulihkan sektor Parekraf,”

kata Wachid.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button