Melihat sejarah dan keunikan Monumen Meteorit Wonotirto - WisataHits
Yogyakarta

Melihat sejarah dan keunikan Monumen Meteorit Wonotirto

Monumen Meteorit Wonotirto, Temanggung © Instagram/parakankita

Monumen Meteorit Wonotirto merupakan salah satu tempat wisata yang unik di Temanggung. Monumen ini didirikan untuk memperingati peristiwa bersejarah dampak meteorit di Desa Wonotirto, Temanggung.

Monumen Meteorit Wonotirto ramai dikunjungi wisatawan baik pada hari biasa maupun hari libur. Tidak hanya sejarahnya yang unik tetapi juga pemandangan alam yang ditawarkan sangat indah, sehingga sayang untuk dilewatkan saat Anda berkunjung ke Temanggung.

Sejarah Monumen Meteorit Wonotirto

Monumen Meteorit

Monumen Meteorit Wonotirto dibangun untuk memperingati dampak meteorit di Desa Wonotirto @Instagram/dinbudpar_temanggung

Meteorit Wonotirto didirikan untuk memperingati dampak meteorit di desa Wonotirto pada hari Jumat 11 Mei 2001 sekitar pukul 9 pagi. Saat itu, puluhan warga sedang beraktivitas sehari-hari di ladang tembakau, kemudian dikejutkan oleh suara gemuruh yang disusul ledakan keras disertai 2 benda asing yang jatuh dari langit.

Setengah jam kemudian, meteorit lain jatuh di jalan pada jarak 1 km dari pemukiman. Meteor tersebut kemudian dibawa untuk diteliti oleh Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta.

Setahun kemudian setelah penyelidikan, pada 18 Februari 2002, monumen itu diresmikan di tempat yang tepat dari dampak meteorit. Pada Senin, 3 Mei 2010, meteorit itu dikembalikan ke Pemerintah Kabupaten Temanggung setelah sekian lama berada di Akademi Yogyakarta. Saat ini meteorit tersebut disimpan di kantor Bupati Temanggung.

Tugu ini merupakan salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi ditambah dengan panorama alam yang indah serta udara pegunungan yang sejuk dan menyegarkan. Tidak hanya itu, potensi agrowisata buah dan sayur di sekitar lokasi dengan latar belakang Gunung Sumbing juga menambah daya tarik tempat wisata ini.

Daya Tarik Monumen Meteorit Wonotirto

Monumen Meteorit

Lingkungan sekitar Tugu Meteor yang asri dan sejuk sangat kondusif untuk berolahraga. @ Instagram/budisg

Monumen Meteorit Wonotirto bukan hanya sekedar monumen, tapi ada banyak hal menarik yang bisa dinikmati wisatawan di sini. apa pun? Ini dia!

1. Memori peristiwa sejarah

Tidak bisa dipungkiri bahwa daya tarik utama Monumen Meteorit Wonotirto tentu saja jatuhnya meteorit di Desa Wonotirto.

Meskipun jatuhnya meteor menghancurkan ladang pertanian penduduk setempat, desa mereka menjadi terkenal berkat batu meteor ini dan mampu membawa berkah setelah dibangunnya monumen ini.

Hingga saat ini, banyak pengunjung yang datang ke monumen ini karena penasaran. Jika Anda juga salah satunya, rencanakan saja berkunjung ke monumen ini.

2. Nikmati keindahan alam

Lokasinya yang berada di lereng Gunung Sumbing menawarkan suasana alam yang asri ditambah dengan udara yang bersih, sejuk dan segar.

Di sekitar kawasan ini terdapat taman terbuka yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai, Memperbarui Tubuh dan pikiran dengan kekasih, teman dan keluarga.

3. Berenang di tengah pemandangan

Di sini juga ada kolam renang. Tentu saja, berenang di sini sangat berbeda karena Anda akan dihadapkan dengan pemandangan alam yang menakjubkan yang pasti akan memberi Anda perasaan yang menakjubkan.

4. Fasilitas belajar untuk anak-anak di taman hewan

Jika Anda membawa buah hati tercinta, jangan khawatir anak Anda akan bosan. Di sini juga ada taman hewan yang bisa mendidik anak-anak, meski koleksi hewannya belum terlalu banyak.

Biaya masuk dan jam bukaMonumen Meteorit Wonotirto

Monumen Meteor2

Monumen Meteorit Wonotirto selalu mengundang rasa penasaran pengunjung dengan sejarah dan keunikannya. Instagram/parakankita

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke monumen ini, kabar baiknya adalah tiket masuk ke area monumen ini gratis. Tugu peringatan ini buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

Selain itu, terdapat juga beberapa fasilitas yang dapat membuat pengunjung merasa nyaman, seperti:

  • Parkir Kendaraan
  • ruang sholat
  • kamar mandi
  • Kolam renang
  • taman
  • kebun binatang
  • Tempat duduk untuk bersantai
  • Spot foto di monumen meteorit
  • akomodasi

Rute Menuju Monumen Meteorit Wonotirto

Monumen ini terletak di Desa Wonotirto, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Monumen ini mudah diakses karena tidak jauh dari pusat kota. Dari alun-alun menuju tugu hanya berjarak sekitar 13 km dan jarak tempuh sekitar 24 menit.

Anda bisa mengambil rute dari Alun-Alun Temanggung lalu ke timur menuju Jl. Letnan Soetoyo, belok kanan ke Jl. Brigjen Katamso, lalu belok kiri ke Jl. MT Haryono, terus ke kiri menuju Jl. Raya Gondosuli, lalu belok kanan ke Jl. Meteor. Monumen Meteor Wonotirto berada di sisi kiri jalan.

Mengunjungi Monumen Meteorit Wonotirto dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jadi jika kebetulan sedang berada di Temanggung jangan lupa untuk menyempatkan diri mampir ke tugu bersejarah ini ya sobat GNFI. Selamat berlibur!

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button