Melihat kembali bencana erupsi Merapi di Museum Gunung Merapi - WisataHits
Yogyakarta

Melihat kembali bencana erupsi Merapi di Museum Gunung Merapi

TRIBUNJOGJA.COM – Wisata jogja ini merupakan museum yang menyimpan banyak sejarah yang terjadi pada saat bencana Gunung Merapi.

Wisata jogja ini terletak di kaki Gunung Merapi tak jauh dari Jalan Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta.

Ini adalah wisata Jogja yang diresmikan pada tahun 2009 dengan tambahan bangunan dua lantai Latar Belakang Pemandangan Gunung Merapi tepat di belakang.

Wisata ini bisa menjadi rekomendasi bagi anda yang ingin memberikan edukasi dan pengetahuan kepada anak-anak tentang Gunung Merapi.

Saat memasuki museum, wisatawan langsung disambut replika awan panas dari tiga letusan Gunung Merapi pada tahun 1969, 1994 dan 2006.

Replika ini memiliki tombol di mana Anda dapat melihat sebaran awan panas dan aliran lava pijar yang mirip dengan bencana Gunung Merapi sebelumnya.

Pengunjung mengamati diorama Gunung Merapi di Museum Gunung Merapi (MGM), Kamis (26/11/2015)Pengunjung melihat diorama Gunung Merapi di Museum Gunung Merapi (MGM), Kamis (26/11/2015) (Tribune Jogja)

Di tempat lain juga terdapat tempat-tempat pengumpulan barang atau koleksi peninggalan erupsi Gunung Merapi dari tahun ke tahun.

Untuk koleksi lantai 2, ada sembilan koleksi dan props yang membuat kita merasakan sensasi Gunung Merapi.

Seperti sensasi erupsi dan erupsi Merapi, tampilan simulasi LCD koridor, tampilan simulasi tsunami hingga demonstrasi simulasi gempa.

Fasilitas lain di Museum Gunung Merapi adalah teater mini di mana Anda dapat menikmati film pendek 24 menit yang menampilkan dua sisi Gunung Merapi dalam bentuk yang berbeda.

Wisata jogja ini buka setiap hari Selasa – Minggu mulai pukul 08:00 WIB – 11:30 WIB dan 13:00 WIB – 15:00 WIB.

Untuk harga tiket masuknya menghabiskan Rp. Rp 5.000/orang untuk wisatawan lokal dan Rp 10.000/orang untuk wisatawan asing.

(MG/Nordina Yunira)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button