Melihat kejayaan batik saja, Ganjar Pranowo mendukung pengembangan Desa Wisata Batik Kauman - WisataHits
Jawa Tengah

Melihat kejayaan batik saja, Ganjar Pranowo mendukung pengembangan Desa Wisata Batik Kauman

HARIANTERBIT.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau warga Kampung Wisata Batik Kauman Solo untuk terus berkembang dan berinovasi untuk menarik pengunjung. Selain itu, desa ini memiliki banyak potensi dan inspirasi untuk menjadi tujuan, tempat bertemu dan belajar, terutama yang berkaitan dengan batik.

Di Desa Wisata Batik Kauman, Ganjar seolah melihat kembali kejayaan kerajinan dan industri tie dye di Solo. Kenangan itu kembali ketika Ganjar melihat pameran 1.000 motif batik kuno dan kontemporer di Desa Wisata Batik Kauman, Solo sebagai bagian dari Hari Batik Nasional 2022.

Baca Juga: Airlangga Turut Berbelasungkawa Sedalam-dalamnya atas Tragedi Kanjuruhan

“Ada yang menarik di Solo, karena di Kampung Batik Kauman ada sekitar 1.000 desain batik, baik yang sangat tua maupun modern. Ini akan ditampilkan. Kami ingat kilau tie-dye di masa lalu, yang masih bisa kita lihat sampai sekarang. Menarik juga, ada mahasiswa muda dari luar Jawa di depan saya, mereka belajar membatik di sini. Dia perlu mendapatkan pengalaman,” kata Ganjar setelah berjalan melalui pameran tie-dye.

Ganjar mengatakan mantan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga memberikan arahan untuk mencintai dan membeli produk lokal. Kebijakan tersebut sangat tepat mengingat kondisi saat ini. Selain itu, kondisi penjual tie-dye sedang berjuang untuk meningkatkan penjualan setelah dilanda pandemi.

Baca Juga: Belajar Dari Kasus Dugaan Korupsi Lukas Enembe, Calon Pemimpin Papua Harus Discreening

“Sebelumnya saya juga menanyakan apakah kondisi pedagang tie dye sudah kembali ke posisi semula. Ternyata dibandingkan saat pandemi, 70 persen sekarang sudah membaik. Kalau dikaitkan dengan apa yang disampaikan Presiden tidak perlu piknik ke luar negeri, cukup ke pedalaman, maka itu bagian dari destinasi wisata yang sangat bagus,” ujarnya.

Di Desa Wisata Batik Kauman, masyarakat tidak hanya membeli batik, tetapi bisa belajar membatik untuk mendapatkan pengalaman. Menurut Ganjar, pengunjung juga memiliki banyak pilihan. Karena semua motif batik khas Solo ditampilkan dalam pameran di Kampung Wisata Batik Kauman Solo. Selain pembelian, pengunjung juga dapat mengetahui lebih jauh filosofi dari masing-masing motif.

Baca juga: Rekan Anies Dugaan KPK Menuju 2024 di Politik

Source: www.harianterbit.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button