Matahari akan 'terbit' Solo - WisataHits
Jawa Tengah

Matahari akan ‘terbit’ Solo

Salah satu penampilan pendukung ‘Geger’, Sabir, di Festival Teater Taman Budaya Juni lalu. (Foto Hamdani/Niaga.Asia)

SAMAINDA.NIAGA.ASIA – Pentas teater papan atas asal Kaltim yang tergabung dalam Yayasan Matahari Samarinda akan menghebohkan penonton Teater Solo, Jawa Tengah pada 7-11 Desember 2022.

Pementasan teater pendukung kegiatan Semarak Wisata Kalimantan Timur menampilkan lakon Geger yang ditulis dan disutradarai oleh Hamdani. Lakon ini menceritakan tentang intrik perebutan kekuasaan di sebuah kerajaan.

“Kami telah mendapat kepercayaan dari Dinas Pariwisata Kaltim dan telah direkomendasikan oleh DKD Kaltim untuk pentas teater di Gedung Taman Budaya Solo pada awal Desember. Insya Allah kami akan menampilkan yang terbaik,” kata Ketua Matahari Foundation H. Sahabuddin Pance.

Mengenai bentuk teatrikalnya, Pance – panggilan akrabnya – mengatakan naskah tersebut dibawakan dalam bentuk lakon Mamanda (Sandima).

“Sandima lebih cocok untuk klaim itu,” kata Pance.

Pendukung lakon Geger adalah para aktor panggung yang sudah berpengalaman di pentas nasional bahkan internasional, Wawan Timor, Pance, Sabir, HM Nur, Fahrurozi dan Syaiful Yasan.

“Seperti Bang Wawan, Timor pernah menjadi sutradara teater di Kuala Lumpur dan beberapa kali menjadi aktor terbaik di festival teater nasional dan Kalimantan Timur. Saya sendiri adalah sutradara dan aktor terbaik di sebuah festival teater di Kalimantan Timur. Tapi itu dulu. Baru-baru ini Kak Sabir menjadi Pemeran Terbaik di Festival Teater Taman Budaya Kalimantan Timur,” jelasnya.

Jadi walaupun nama grupnya baru, pendukungnya adalah seniman lama yang sudah aktif di dunia teater di Kalimantan Timur sejak tahun 1980-an.

Sementara itu, acara “Semarak Wisata Kaltim” di Solo juga akan menampilkan tarian kreasi lokal, musik kreasi lokal dan peragaan busana khas Kalimantan Timur.

“Tarian, musik dan fashion show akan ditampilkan di car free day area di Jalan Slamet Riyadi, Solo,” kata Awang Khalik, salah satu staf Dispar Kaltim.

Pengarang: Hamdani | Penerbit: Intoniswan

Anda mungkin juga menyukai…

Tag: teater

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button