Masjid Cheng Ho di Surabaya menggabungkan gaya Cina dan Jawa - WisataHits
Jawa Timur

Masjid Cheng Ho di Surabaya menggabungkan gaya Cina dan Jawa

LANGIT7.ID, Jakarta – Terdapat masjid yang memiliki desain unik dengan konsep bangunan khas Tionghoa. Yakni, Masjid Cheng Ho yang terletak di Jalan Gading nomor 2, Ketabang, Surabaya, Jawa Timur.

Arsitekturnya terinspirasi oleh Masjid Niu Jie di Beijing. Adapun sedikit perpaduan Nusantara yang terpampang di dinding dengan nuansa Jawa.

Dengan diresmikannya Masjid Khazanah, ada keistimewaan lain dari tempat ibadah umat Islam ini. Yakni dengan aksara Tionghoa di langit-langit. Masjid ini juga berbentuk segi delapan menyerupai jaring laba-laba.

Baca juga: Populasi Muslim di Inggris dan Wales terus meningkat

Unsur jaring laba-laba memiliki makna binatang yang menyelamatkan Nabi Muhammad dari penganiayaan kaum Quraisy. Lima undakan di serambi masjid membawa makna dari lima rukun Islam.

Peletakan batu pertama pada 15 Oktober 2001, bertepatan dengan Isra’ Mi’raj, menjadi cikal bakal pembangunan masjid khas Tionghoa ini. Proses pembangunan dimulai pada 10 Maret 2002 hingga akhirnya diresmikan pada 13 Oktober 2002.

Nama Masjid Cheng Ho diadopsi sebagai penghormatan kepada laksamana Cina yang beragama Islam, Cheng Ho. Ia adalah seorang Tionghoa asli yang berkelana ke negeri Jawa. Juga salah satu tokoh yang berjasa menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Karena desain arsitekturnya yang unik, Masjid Cheng Ho menjadi salah satu tujuan wisata di Surabaya yang selalu ramai pengunjung. Namun, hal tersebut tidak menghilangkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah sebagaimana mestinya.

Baca juga: Masjid Kementerian Tenaga Kerja memperbolehkan karyawan untuk menginap dalam kondisi tertentu

(jd)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button