Masjid Al Hikmah Nur Hidayah menjadi wisata religi baru di kota Bogor - WisataHits
Jawa Barat

Masjid Al Hikmah Nur Hidayah menjadi wisata religi baru di kota Bogor

Masjid Al Hikmah Nur Hidayah menjadi wisata religi baru di kota Bogor

Masjid Al Hikmah Nur Hidayah menjadi wisata religi baru di kota Bogor

Pembangunan masjid baru di atas lahan seluas 1.478 m2 dengan luas bangunan sekitar 2.089 m2 diperkirakan mencapai Rp 13 miliar.

Jumat, 06 Januari 2023 | 23:59 WIB – Keberagaman
Pengarang : Wisanggeni . Penerbit: Wis

KUASAKATACOM, Bogor Masjid Al Hikmah Nur Hidayah yang terletak di Jalan Raya Taman Cimanggu Desa Kedungwaringin Kecamatan Tanah Sareal akan menjadi pilihan destinasi wisata religi baru di Kota Bogor.

Ketua Panitia Pembangunan dan Pemugaran (PPM) Al Hikmah Nur Hidayah Amir Fatah optimistis dengan kemungkinan itu. Pasalnya, masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah umat Islam setempat, tetapi juga memiliki fasilitas pendukung lainnya.

BERITA TERKAIT:
Masjid Al Hikmah Nur Hidayah menjadi wisata religi baru di kota Bogor
Presiden Jokowi berharap Bendungan Ciawi Bogor dapat mengurangi banjir di Jakarta
Polisi menangkap pelaku pegadaian yang beraksi di parkiran Kafe Ciledug
Imam Mauludin kerap dicemooh dan lebih memilih curhat di media sosial
Urip Saputra Ngaku Dalam Suspended Animation Minta Maaf, Kasus Hukum Diakhiri Dengan Restorative Justice

“Kami memiliki peluang bermain untuk RA [Raudhatul Athfal]. Kebanyakan orang membawa anaknya untuk berwisata, orang tuanya untuk sholat di masjid,” kata Amir.

“Masyarakat juga bisa membaca buku di perpustakaan. Kami akan menyiapkan buku-buku tentang ilmu agama nanti,” imbuhnya.

Seperti Amir, arsitek Wibowo Adi Prasetyo berpendapat desain masjidnya harus menjadi objek wisata religi baru di Kota Bogor.

“Alhamdulillah, saat ini banyak masjid yang dijadikan destinasi wisata religi, terutama masjid yang memiliki nilai sejarah dan desain yang unik serta aksesibilitas yang baik. Untuk itu, masjid yang akan dibangun harus memiliki fasilitas yang memadai,” ujar pemenang lomba pembangunan masjid tersebut.

“Dan yang paling penting adalah juga penyandang disabilitas dapat diakses sehingga bisa menjadi magnet bagi semua lapisan masyarakat. Mereka yang hanya tertarik akhirnya bisa mencintai masjid,” ujarnya.

Wibowo menjelaskan, konsep mass design bangunan Masjid Al Hikmah Nur Hidayah mencerminkan gerakan sujud yang disimbolkan dengan bagian bangunan yang turun ke depan, dan gerakan salat yang disimbolkan dengan bagian tengah bangunan yang melengkung ke atas.

“Itu juga bisa diartikan sebagai jatuhnya ejekan diri. Insya Allah doa kita akan sampai ke surga dan diterima oleh Allah SWT,” kata Wibowo.

Selain itu, kata sang arsitek, konsep desain masjid ini juga mencerminkan kearifan lokal Jawa Barat, khususnya Kota Bogor.

“Dengan menggunakan motif kapak yang dipadukan dengan motif islami sebagai dekorasi masjid, termasuk mihrab dan menara masjid,” imbuhnya.

Pengeluaran Rp 13 miliar
Masjid Al Hikmah Nur Hidayah saat ini luasnya 878m2. Pemugaran besar dan rekonstruksi masjid dijadwalkan akan dimulai pada awal Ramadhan 2023 dengan tambahan 600 m2 tanah wakaf.

Pembangunan masjid baru di atas lahan seluas 1.478 m2 dengan luas bangunan sekitar 2.089 m2 diperkirakan mencapai Rp 13 miliar.

Biaya ini termasuk bangunan, tempat parkir, alun-alun dan taman. Penggalangan dana terus dilakukan baik offline melalui penyaluran proposal di lingkungan sekitar masjid maupun online melalui platform Kitabisa.

Masyarakat juga dapat berdonasi atas nama Pengurus Masjid Al-Hikmah melalui transfer ke Bank Syariah Indonesia, nomor rekening 72 0335 4708. Untuk konfirmasi donasi atau informasi lebih lanjut, whatsapp kontak panitia di (62) 857.8078.8789 (Ayu, Anggota Humas dan Pendanaan).

Per 1 Januari 2023, dana yang terkumpul di rekening PPM BSI adalah Rp3.176.678.900 dan di Kitabisa Rp1.795.000. “Saya berharap dengan banyaknya pengunjung yang datang dan semakin dikenal, masjid kita semakin sukses,” kata Amir.

***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button