Masih penasaran dengan sepeda listrik yang diparkir di pinggir jalan, simak ini... - WisataHits
Jawa Tengah

Masih penasaran dengan sepeda listrik yang diparkir di pinggir jalan, simak ini…

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Berjalan di sekitar kota Semarang, Anda dapat menemukan sepeda listrik yang diparkir di tempat-tempat wisata atau tempat-tempat strategis lainnya.

Seperti dilansir semarangkota.go.id, Pemkot Semarang bekerjasama dengan BEAM Mobility untuk memperkenalkan sepeda listrik kepada wisatawan dan masyarakat umum sebagai pendukung sektor pariwisata.

Sekretaris Kota Semarang Iswar Aminuddin mengatakan pihaknya bekerja sama dengan BEAM Mobility Holdings untuk menyediakan sepeda listrik di tempat-tempat wisata dan lokasi strategis lainnya.

“Semoga kerjasama ini semakin memperkaya solusi transportasi di kota Semarang. Semarang sudah berusaha meningkatkan kualitas dan kami berharap Semarang bisa lebih baik lagi,” kata Iswar.

Menurutnya, kerjasama ini juga akan mendorong masyarakat untuk tidak terlalu bergantung pada kendaraan berbahan bakar minyak. Hal ini dapat mengurangi biaya pembelian bahan bakar pemerintah kota.

Ady Muzadi, Country Head BEAM Indonesia, mengatakan pihaknya menyediakan 250 unit sepeda listrik pada tahap pertama ini. Nantinya penambahan unit akan dilakukan dengan melihat pola dan perkembangan di Kota Semarang.

“Kita lihat satu atau dua minggu, lalu kita tambahkan sedikit demi sedikit. Seperti yang dikatakan Menlu, Semarang merupakan smart city pertama di Indonesia sejak 2014. Dan ini menurut saya merupakan wahana yang dapat mendukung smart city di Semarang,” kata Ady.

Ady menjelaskan wisatawan atau masyarakat yang akan menggunakan sepeda listrik ini dapat memindai barcode. Nantinya, pembayaran sewa akan dilakukan melalui transaksi elektronik milik masyarakat.

“Tarifnya sementara Rp700 per menit. Kami pikir ini lebih ekonomis dan lebih mudah diakses masyarakat,” katanya.

Silvia (19), mahasiswa Universitas Diponegoro mengaku penasaran dengan keberadaan sepeda listrik yang berjejer di pinggir jalan atau di trotoar.

Awalnya Silvia mengira itu sepeda siapa. Mengapa Anda menjualnya atau apa yang harus dilakukan jika diparkir tanpa pengawasan selama 24 jam? Apakah kamu tidak takut tersesat?

Namun, ternyata sepeda listrik yang disewakan untuk umum itu berasal dari perusahaan bernama BEAM.

Ini adalah kunjungan pertama BEAM ke Indonesia, dan kunjungan BEAM pertama adalah kota Semarang. Kota-kota besar lainnya akan menyusul kemudian.

Diketahui bahwa sepeda listrik sangat cerdas, sehingga tidak perlu diawasi. Jika rusak atau dicuri atau bahkan jika baterai kosong, laporkan langsung ke admin.

Lokasi parkir sepeda BEAM adalah kawasan Simpang Lima, Jalan Pekunden, Gajahmada, Jalan Pemuda, Tugumuda, Jalan Pandanaran, Jalan Depok dan tempat-tempat wisata di Kota Semarang.

Untuk penggunaan Anda sendiri, cukup pindai kode batang di setang atau spatbor belakang sepeda. Yang harus Anda lakukan untuk membayar adalah top up. Dan setelah berhasil, gunakan saja.

Tarifnya sendiri Rp 700 Rupiah untuk 1 menit. Dan sepeda ini hanya bisa dioperasikan di area tertentu.

Misalnya, jika Anda menggunakan sepeda ini jauh melampaui batas yang ditentukan, itu akan mati secara otomatis dan tidak dapat digunakan.

Ning Suparningsih

Source: suarabaru.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button