Masakan Khas Subang, sayang jika dilewatkan - WisataHits
Jawa Timur

Masakan Khas Subang, sayang jika dilewatkan

TEMPO.CO, subangsubang terkenal dengan destinasi wisata alamnya seperti Tangkuban Parahu dan Ciater. Namun, tahukah Anda bahwa Subang, Jawa Barat, tidak hanya terkenal dengan wisatanya, tetapi juga kulinernya yang khas?

Masakan Khas Subang

1. Peuyeum Ciruluk

Peuyeum ciruluk adalah makanan khas subang yang terbuat dari ketan. Peuyeum Ciruluk juga dikenal sebagai Band Ciruluk. Peuyeum Ciruluk memiliki cita rasa yang unik yaitu perpaduan rasa asam dan manis. Selain itu, Peuyeum Ciruluk dibungkus dengan daun kemiri dan inilah salah satu ciri yang membedakan tape Ciluruk dengan tape lainnya.

2. Oncom Dawuan

Oncom Dawuan merupakan kuliner khas yang sangat identik dengan Subang. Banyak penduduk lokal dan turis yang suka makan dawuan oncom. Rasa Oncom ini sangat khas dan dipadukan dengan bumbu tradisional yang menambah cita rasa. Selain itu, masakan Oncom Dawuan dimasak dengan oven api tradisional.

3. Tutut Soding

Keong nasi merupakan salah satu hewan yang dibuat menjadi sajian kuliner yang lezat dan khas di Subang. Keong mas diolah menjadi tutu soding. Sebagai informasi, keong sawah kaya akan protein, sehingga olahan ini menjadi salah satu olahan favorit penduduk lokal dan wisatawan.

4. Dodol Nanas

Pada umumnya, ketika banyak orang berbicara tentang dodol, mereka akan berbicara tentang dodol garut. Namun, Subang memiliki olahan dodol yang khas, yaitu dodol nanas. Dodol nanas merupakan salah satu oleh-oleh yang banyak dibawa pulang oleh wisatawan saat berwisata ke Subang. Dodol Nanas memiliki rasa yang manis dan asli.

5. Papais Cisaat

Papais adalah jajanan khas Subang yang terbuat dari campuran tepung beras dengan gula aren dan dibungkus dengan daun bangban. Jajanan ini merupakan salah satu jajanan yang banyak digemari karena rasanya yang manis.

6. Kerupuk yang malang

Kerupuk malang adalah salah satu jajanan khas Subang. Jajanan tersebut termasuk jajanan yang digemari wisatawan atau yang mampir ke Subang. Kerupuk yang buruk memiliki rasa yang gurih. Keunikan kerupuk malang adalah mereka menggunakan pasir sebagai pengganti minyak saat menggoreng.

EIBEN HEIZIER
Baca Juga: 4 Pilihan Destinasi Wisata Subang untuk Menemani Akhir Pekan

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan di saluran Pembaruan Tempo.co Telegram. Klik disini untuk bergabung.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button