Masa sekolah terendah di Sukamakmur, mendorong warga PKBM - WisataHits
Jawa Barat

Masa sekolah terendah di Sukamakmur, mendorong warga PKBM

SUKAMAKMUR RADAR BOGOR, Sukamakmur merupakan kecamatan dengan rata-rata lama sekolah (RLS) terendah di Kabupaten Bogor. Dengan skor 6,1, sebagian besar warga Sukamakmur putus sekolah dan hanya mengenyam pendidikan hingga SD.

Hal itu disampaikan Camat Sukamakmur, Bakri Hasan. Dia mengatakan sebagian besar yang tidak mengenyam pendidikan bukan usia anak-anak, bukan 21 tahun atau lebih muda.

Baca juga: Inovasi terus-menerus dalam pelatihan kejuruan menyiapkan sumber daya manusia untuk kendaraan

“Tapi dari 25. Itu pendidikan di bawah,” kata Bakri RadarBogorJumat (9/12).

Ia mengungkapkan penyebab rendahnya RLS di Sukamakmur karena minimnya fasilitas pendidikan. Namun demikian, penduduk setempat dibatasi oleh jarak yang sangat jauh.

Namun yang utama adalah kurangnya perhatian keluarga terhadap pendidikan. Apalagi bukan karena alasan ekonomi. Warga Sukamakmur tidak menganggap penting pendidikan formal dan hanya memilih anaknya masuk pesantren untuk mengaji.

“Sementara itu, faktor ekonomi tidak menjadi alasan. Karena tidak semua warga Sukamakmur tergolong miskin. Berbeda dengan kabupaten lain seperti Tasikmalaya, meski anaknya miskin, mereka harus sekolah, sehingga terjadi peningkatan RLS yang pesat. “ucap Bakrie.

Alhasil, tak sedikit warga Sukamakmur yang berakhir di tempat wisata. Namun, selain mengembangkan potensi wisata di Sukamakmur, perlu juga dilakukan peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan.

“Kalau kerja di bidang pariwisata butuh sertifikasi, harus punya ijazah. Hal ini menjadi kendala ketika pariwisata berkembang. Kalau tidak disiapkan, akan sulit ke depannya,” jelasnya.

Karena itu, ia menyambut baik program bersama Dewan Pendidikan, Dinas Pendidikan dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor (Disbudpar). Program ini ditujukan bagi para pelaku pariwisata di Sukamakmur yang belum menyelesaikan pendidikan hingga SMA untuk mengikuti kegiatan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) atau membeli paket.

Baca Juga: Truk Tambang Lewat Hari demi Hari Tak Terbendung, Ancam Anak Sekolah

Ketua Panitia Pendidikan Kabupaten Bogor Takiyudin Basari mengatakan, program ini menyasar Sukamakmur sebagai daerah yang memiliki potensi wisata. Bekerja sama dengan pengelola wisata dan pemerintah daerah diharapkan dapat meningkatkan RLS di Kabupaten Sukamakmur dan Kabupaten Bogor.

“Tidak hanya Sukamakmur, program ini akan berlanjut di daerah lain sebagai strategi Dinas Pendidikan untuk mempercepat peningkatan RLS di Kabupaten Bogor,” pungkasnya.


Reporter: Septi Nulawam

Penerbit : Imam Rahmanto

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button