Mandalika Track Walk resmi dimulai. Berikut cara mendaftar untuk mencoba Lintasan Sirkuit - WisataHits
Yogyakarta

Mandalika Track Walk resmi dimulai. Berikut cara mendaftar untuk mencoba Lintasan Sirkuit

TEMPO.CO, Mataram – Indonesia Tourism Development Corporation atau ITDC, Manajer Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Mandalika atau The Mandalika menyelenggarakan program bersama Mandalika Grand Prix of Association (MGPA). Jalur Lintasan Mandalika Pengalaman. Kegiatan yang berlangsung pada Senin pagi, 1 Agustus 2022 itu berupa jalan kaki, lari dan bersepeda di Sirkuit Mandalika. Anda berlatih di trek balap sepanjang 4,3 kilometer dengan 17 tikungan.

Arie Prasetyo, Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC, mengatakan kegiatan Mandalika Track Walk Experience bagi para pemangku kepentingan bertujuan untuk mempelajari dan merasakan kegiatan baru ITDC. Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari BUMN Lombok, asosiasi pariwisata, hotel, tim media, pemerintah daerah dan masyarakat setempat.

Arie mengatakan ITDC ingin menunjukkan bahwa Sirkuit Pertamina Mandalika yang dibuka bulan lalu untuk memungkinkan pengunjung berlatih, dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, tidak hanya balap. “Kami berharap ke depan semakin banyak penyelenggara yang memilih kawasan ini sebagai lokasi kegiatannya,” ujarnya.

Mandalika Track Walk yang dikembangkan oleh MGPA dan Xplorin ini bertujuan untuk menawarkan layanan kepada masyarakat luas yang dapat mengunjungi dan melatih Sirkuit Pertamina Mandalika, mis. B.jalan kaki, lari dan bersepeda. Xplorin adalah unit bisnis ITDC yang berfokus pada bisnis manajemen perjalanan dan sistem tiket berbasis platform digital dan alat aktivasi. MGPA kini menjadi unit bisnis ITDC yang fokus mempromosikan berbagai acara yang digelar di Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika.

Direktur Utama Xplorin Gemma Pratama mengatakan pihaknya melakukan inovasi sebagai unit bisnis ITDC untuk mendukung pengembangan bisnis intinya. “Salah satu inovasinya adalah Mandalika Track Walk yang sudah kami lakukan sejak 1 Juli lalu,” ujarnya. Xplorin melihat potensi ekonomi yang besar dalam kesadaran masyarakat untuk Pertamina Sirkuit Mandalika. “Potensi ini harus kita manfaatkan semaksimal mungkin sehingga mendatangkan manfaat ekonomi yang sangat besar,” ujarnya. .

Grand Start Mandalika Track Walk di Sirkuit MotoGP Mandalika, Lombok, Senin 1 Agustus 2022. Foto: TEMPO | Supriyantho Khafidi

Berdasarkan hasil survei pengunjung Mandalika Track Walk pada masa pra-pembukaan bulan Juli, diperoleh data bahwa 50 persen pengunjung berasal dari luar NTB, dengan proporsi terbesar berasal dari wilayah DKI Jakarta (32 persen). ). Hampir semua responden menyatakan ingin kembali mengikuti Mandalika Track Walk.

“Data ini membuat kami optimis kegiatan ini dapat menarik lebih banyak pengunjung ke kawasan Mandalika,” kata Gemma. Mandalika Track Walk buka WITA dari pukul 06:30 hingga 09:00 setiap hari Senin hingga Minggu. Khusus hari Sabtu dan Minggu ada tambahan waktu sekitar sore hari pukul 16.30 – 18.00 WITA.

Untuk mengikuti kegiatan ini, masyarakat dapat melakukan registrasi dan pembayaran tiket secara online melalui aplikasi Xplorin yang dapat diunduh dari Playstore dan Apple Store. Tiket harian tersedia dengan harga Rp 150.000 per orang untuk warga negara Indonesia (WNI) dan Rp 250.000 per orang untuk warga negara asing (WNA) dan berlaku dari Senin hingga Jumat.

Pada akhir pekan dan hari libur, tiket dapat dibeli dengan harga Rp 200.000 per orang untuk WNI dan Rp 300.000 per orang untuk WNA. “Beli tiket melalui aplikasi Xplorin sangat mudah karena aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai sistem pembayaran seperti QRIS, transfer melalui virtual account bahkan menggunakan kartu kredit.

Xplorin juga memiliki fungsi itinerary sehingga calon pengunjung Mandalika Track Walk juga dapat merencanakan perjalanan mereka di sekitar Lombok, khususnya di The Mandalika. “Selain tiket untuk pengunjung perorangan, kami juga dapat memenuhi kebutuhan pengunjung yang ingin datang secara rombongan atau dari instansi melalui kesepakatan B-to-B,” ujar Gemma dalam Mandalika Circuit Tour, Experience Riding with Racers, Safety Riding. di Track dan banyak lagi.

Wakil Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Nusa Tenggara Barat Leja Kodi atau Ingoe yang juga menjalankan Leko Travel meminta tarif khusus untuk agen perjalanan. Menurut dia, perlu dilakukan pembedaan harga untuk warga lokal, harga biro perjalanan dan luar daerah. “Wisatawan ke Lombok memiliki dua destinasi, yaitu Mandalika dan Gili Trawangan,” kata Ingoe.

SUPRIYANTHO KHAFID

Baca Juga: Catat, Sport Tourism di Nusa Tenggara Barat Tahun Depan, Masih Ada MotoGP di Sirkuit Mandalika

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita Tempo.co terbaru dan berita unggulan di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button