Manajer regional dengan cepat menanggapi permintaan Mendagri untuk merenovasi platform di TMII - WisataHits
Jawa Timur

Manajer regional dengan cepat menanggapi permintaan Mendagri untuk merenovasi platform di TMII

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta kepala daerah merestorasi anjungan daerah masing-masing di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

“Prinsipnya mereka sepakat untuk mendukung kemudian Kemendagri membentuk tim, kemudian mereka turun langsung dari pintu ke pintu ke peron masing-masing, dibuat klasifikasi ada yang rusak ringan, sedang, rusak berat dan ada yang tidak ada. platform’ kata Tito dalam keterangannya, Kamis.

Tercatat beberapa gubernur telah meninjau langsung anjungannya di TMII dan berkomitmen untuk segera merenovasi, yakni Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Lampung Arianal Djunaidi, Pj Gubernur Banten, Al Muktabar, Gubernur Maluku, Murad Ismail.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar telah memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan perbaikan dan juga Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sultra) yang telah menerjunkan tim untuk memperbaiki anjungan di TMII Jakarta, sebagaimana diatur Menteri sebelumnya. Menteri Dalam Negeri dan Sekretaris Negara.

Baca Juga: Taman Mini Indonesia Indah Dikunjungi 3.000 Orang Saat Tahun Baru Imlek

Dalam keterangannya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan akan merenovasi kondisi Anjungan Jatim di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta untuk mendukung terselenggaranya KTT G20.

“Pekerjaan renovasi sedang dipercepat sejalan dengan pekerjaan renovasi ekstensif yang dilakukan oleh pemerintah pusat di kawasan TMII dan diharapkan selesai sebelum KTT G20 pada Oktober 2022,” kata Khofifah.

Selain itu, upaya tersebut juga mengikuti arahan Mendagri Tito Karnavian yang meminta para pemimpin daerah untuk memperbaharui platform daerahnya masing-masing di TMII.

Senada dengan itu, Kepala Badan Penghubung Provinsi Riau Ridho Adriansyah mengatakan, usai kunjungan kedua menteri ke TMII, Gubernur Riau Syamsuar dan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, SF Hariyanto, telah memerintahkan pihaknya untuk berbagi data untuk dikumpulkan.

“Setelah kunjungan kedua menteri tersebut, kami akan segera mengadakan pertemuan untuk membahas bagaimana kelanjutannya. Ini juga sesuai dengan perintah gubernur dan sekda,” kata Ridho.

Baca juga: BNI Dukung Digitalisasi UMKM di TMII

Sementara itu, Kepala Dinas Cipta Karya Pengembangan Gedung dan Penataan Ruang Sulawesi Tenggara, Pahri Yamsul, akan menerjunkan tim engineering yang terdiri dari dua orang untuk memperbaiki kerusakan Anjungan Sulawesi Tenggara di TMII. Tim engineering yang terdiri dari arsitek dan pejabat yang bertugas langsung memeriksa dan memperbaiki kerusakan Anjungan Sulawesi Tenggara di TMII.

“Kami mengirim dua insinyur ke sana untuk langsung ke Jakarta untuk menilai tingkat kerusakannya,” kata Pahri.

Seperti diketahui, Mensesneg Pratikno mewakili pemerintah pusat mengumumkan rombongannya telah datang ke TMII untuk melihat perkembangan terkini renovasi tersebut.

Berdasarkan hasil peninjauan, diketahui banyak perkembangan yang terjadi. Mulai dari infrastruktur yang saat ini sedang diperbaiki Kementerian PUPR, hingga perombakan anjungan provinsi.

“Untuk anjungan provinsi Monggo (refurbished), anjungan K/L (kementerian/kelembagaan) sudah menghubungi beberapa menteri seperti Kominfo, ESDM, Kemenhan dan lainnya untuk segera diperbaiki agar sesuai dengan desain baru. Seperti yang Anda lihat di sini, nusantara hampir lengkap,” jelas Pratikno.

Baca juga: Ganjil Genap Juga Digunakan di TMII dan Ancol

Pratikno melanjutkan, sejumlah pengembangan TMII akan dilakukan Kementerian PUPR dan tim. Dengan langkah ini, TMII seharusnya tidak hanya menjadi tempat rekreasi, tetapi juga tempat pendidikan.

“Ini akan menjadi tempat yang menarik tidak hanya untuk pariwisata tetapi juga untuk pendidikan. Misalnya, kita mendorong museum kementerian untuk mendidik, bahkan kita berpikir menjadi bagian dari kebebasan belajar,” pungkas Pratikno.

Source: megapolitan.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button