Manajer Menyesuaikan Operasi Turis Selama G20 Di Candi Borobudur - WisataHits
Jawa Tengah

Manajer Menyesuaikan Operasi Turis Selama G20 Di Candi Borobudur

MAGELANG, KOMPAS.com – PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko mendukung penuh rangkaian rencana kerja Kepresidenan G20 2022 di Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur (TWC), Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, 7-13 September 2022.

Sejumlah persiapan telah dilakukan selama pelaksanaan agenda kerja Kepresidenan G20 Indonesia 2022, antara lain penyesuaian kebijakan operasional standar alur kunjungan, serta penambahan jam operasional.

Sebagai informasi: Indonesia Bertutur merupakan acara yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mendukung implementasi G20 di bidang kebudayaan.

Baca Juga: Kisah Satu-Satunya Mi Lethek di Borobudur, Bertahan 30 Tahun Di Tengah Gencarnya Mi Instan

Sedikitnya 900 seniman lokal dan nasional terlibat dalam pertunjukan yang akan berlangsung pada 7-11 September 2022 di Kompleks TWC Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dalam keterangan persnya, Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid menyatakan, ke depan kegiatan ini akan berlangsung setiap dua tahun sekali untuk memfasilitasi pelaku budaya dan memperluas akses masyarakat terhadap warisan budaya Indonesia.

“Seiring berkembangnya teknologi, khususnya di bidang media, kami ingin mendorong pemanfaatan teknologi agar masyarakat memiliki akses yang lebih baik terhadap warisan budaya kita dan memanfaatkan warisan budaya tersebut sebagai sumber pengetahuan,” kata Hilman.

Baca Juga: Borobudur Marathon 2022 Kit dan Medali Dirilis

Untuk menyesuaikan arus pengunjung di Taman Wisata Candi Borobudur, khususnya bagi pengunjung yang ingin melihat pertunjukan Indonesia Speaking 2022 bisa masuk dari Gerbang Kalpataru yang terletak di sebelah timur kawasan TWC Borobudur.

Bagi wisatawan biasa, menginaplah melalui gerbang utama TWC Borobudur.

Destinasi TWC Borobudur juga memberlakukan perpanjangan jam operasional dari pukul 15:00 – 22:00 WIB untuk 2022 pengunjung berbahasa Indonesia.

Selain itu, manajemen juga mengerahkan personel pendukung operasional, seperti personel keamanan, kebersihan, dan pertamanan, untuk mendukung pertunjukan budaya yang aman, nyaman, bermanfaat, dan berkesan bagi pengunjung.

“Kami menyiapkan sarana dan prasarana terbaik dengan melibatkan staf operasional dalam implementasi penyesuaian kebijakan untuk mendukung penyampaian agenda kerja G20 yang mengesankan. Ini adalah komitmen kami agar setiap tujuan dapat berhasil kami implementasikan dalam program pemerintah Indonesia,” kata Sekretaris Perusahaan PT TW, AY Suhartanto, dalam keterangan pers tertulis, Jumat (9/9/2022).

Suhartanto mengatakan sejumlah kawasan di Zona II Candi Borobudur telah dijadikan lokasi instalasi seni Lisan Indonesia yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Antara lain Instalasi Festival Cahaya dan Festival Film Tari. Selain itu, terdapat Panggung Senja dan Area Kuliner di kawasan Taman Lumbini, serta Panggung Lumbini yang menjadi area utama penyelenggaraan Indonesia Speak 2022.

Ia memastikan PT TWC mendukung penuh langkah yang dilakukan berbagai pihak untuk menggeluti seni pertunjukan di kawasan Candi Borobudur.

Tumbuhnya seni pertunjukan yang berkualitas akan menarik wisatawan dan mendukung terwujudnya destinasi pariwisata berkualitas di Jawa Tengah.

“Sesuai arahan Presiden RI dalam kunjungannya ke Candi Borobudur Maret lalu, sebagai bagian dari InJourney Tourism, kami mendukung Program BUMN-Holding yang bertujuan untuk meningkatkan denyut seni budaya di Borobudur dan mempercepat pertumbuhan seni pertunjukan di Borobudur,” tambah Suharto.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terbaru setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: yogyakarta.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button