Malam Tahun Baru dan Liburan Aman - KBK - WisataHits
Yogyakarta

Malam Tahun Baru dan Liburan Aman – KBK

Warga sekitar yang merayakan malam tahun baru atau berwisata untuk berlibur harap mewaspadai cuaca ekstrem, gelombang tinggi, ancaman teroris dan juga mengikuti protokol kesehatan karena Covid-19 masih ada. Semoga sukses untuk kalian semua.

Tampilan postingan: 17

PENDUDUK Mereka yang merayakan malam pergantian tahun diharapkan menjaga keselamatannya, demikian pula mereka yang melakukan perjalanan untuk mengantisipasi dan bersiap menghadapi cuaca ekstrem.

Di DKI Jakarta, anak muda menyapa di malam hari”lama dan baru“Acara itu diadakan Malam bebas mobil sepanjang Jalan Protokol MH Thamin dan Jl. Jenderal Sudirman.

Sejumlah tempat hiburan akan berlokasi di kawasan Pos Blok, Sarinah, Stasiun MRT Bundaran HI, Jl. Imam Bonjol, Da Vinci Penthouse, Sudirman Central Business District (SCBD), FX Sudirman, Youth Statue dan Blok M Square.

Perayaan tahun baru juga digelar di sejumlah wilayah Jakarta seperti B. Jl MH Thamrin 10, Halaman Walikota Jakarta Utara, Jakarta Barat, Kampung Budaya Betawi Setu Babakan (Jaksel), Shanghai Tua (Jawa Timur) dan P. Ujung Jawa, Kep. seribu.

Warga yang menghadiri acara malam pergantian tahun juga akan disediakan transportasi umum yaitu bus TransJakarta dan MRT yang beroperasi hingga pukul 02.00 dini hari.

Acara malam tahun baru juga digelar di sejumlah kota, misalnya di DI Yogyakarta, tersebar di beberapa lokasi seperti di Sleman, Kulon Progo, Gunungkidul, dan Bantul. Di kawasan Maliooro tidak ada acara seperti tahun-tahun sebelumnya.

Harapkan serangan teroris

Seiring dengan kondisi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dan angin kencang di sejumlah wilayah, Pengamat Intelijen dan Terorisme UI Ridwan Habib mengingatkan adanya potensi ancaman aksi terorisme.

Dia menyebutkan tiga hal yang harus diwaspadai, yaitu kelompok Negara Islam Asia Tenggara di Irak dan Suriah (ISIS) yang berbasis di Filipina selatan, yang berusaha meledakkan sebuah gereja di Jolo pada pertengahan Desember, meski berhasil digagalkan.

“Aksi ini bisa menginspirasi rekan-rekan mereka di Indonesia,” kata Ridwan.

Yang juga perlu diperhatikan adalah aktor individu (serigala kesepian), yang sulit dideteksi karena bergerak sendiri-sendiri, seperti peristiwa di Mapolres pada 31 Maret 2021 dan di depan Istana Negara pada 25 Oktober. 2022.

Selain itu, perhatian juga harus diberikan kepada mantan teroris yang menolak mengikuti program deradikalisasi atau berstatus golongan merah, karena diduga melakukan bunuh diri, seperti yang terjadi pada 7 Desember lalu di depan Polres Astanaanyar Bandung.

Selain malam tahun baru, seluruh pemangku kepentingan seperti syahbandar, tour operator, pengelola properti pariwisata dan kondisi cuaca ekstrem seperti gelombang tinggi, angin kencang, dan hujan lebat yang diperkirakan akan melanda sejumlah wilayah di Tanah Air, juga harus meramalkan wisatawan.

Satu lagi, ancaman covid-19 masih ada lho, jadi kepatuhan terhadap program kesehatan juga harus diperhatikan agar tidak ada lagi lonjakan.

Jangan sampai perayaan tahun baru yang panjang bersama keluarga yang penuh suka dan duka berubah menjadi duka dan bencana.

Selamat tinggal 2022 dan Selamat Tahun Baru 2023!

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button