Malam pergantian tahun, 2 juta turis memadati Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Malam pergantian tahun, 2 juta turis memadati Yogyakarta

Malam pergantian tahun, 2 juta turis memadati Yogyakarta

TEMPO.CO, Yogyakarta – Direktur Biro Pariwisata Daerah Istimewa (DIY) Yogyakarta Singgih Raharjo memperkirakan hingga 2 juta wisatawan yang akan berkunjung ke lima kabupaten/kota di DIY pada malam pergantian tahun mulai Sabtu hingga Minggu, 31 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023 akan berbondong-bondong. setengah atau 1 juta menghabiskan lebih banyak Malam Tahun Baru di tujuan wisata.

“Kami masih mengumpulkan data terbaru, tapi estimasi awal untuk 31 Desember hingga 1 Januari saja 2 juta wisatawan datang ke Yogyakarta,” kata Singgih, Senin, 2 Januari 2023.

Estimasi kunjungan ini didasarkan pada perhitungan jumlah wisatawan yang masuk dan keluar kawasan destinasi utama serta melihat kapasitas di masing-masing destinasi tersebut. Seperti Tebing Breksi di Kabupaten Sleman, Waduk Sermo di Kabupaten Kulon Progo hingga pantai selatan Yogyakarta yang tersebar di tiga kabupaten.

“Kami melihat ada pemerataan kunjungan ke masing-masing destinasi pilihan di lima kabupaten dan kota,” kata Singgih.

Singgih mengatakan, strategi penyebaran agenda kegiatan malam tahun baru di berbagai titik sangat efektif untuk mencapai konsentrasi wisatawan tidak hanya di kota Yogyakarta. Di antaranya, kepadatan terkonsentrasi di Tugu Yogyakarta, Malioboro, dan Kilometer Nol.

“Wisatawan akhirnya mengunjungi destinasi wisata di kabupaten-kabupaten sehingga kepadatannya mudah terurai, misalnya di kilometer nol pukul 12.30 WIB, jalanan sudah sepi,” kata Singgih.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan pihaknya mencatat sepanjang tahun 2022 jumlah kunjungan wisatawan di Kota Yogyakarta melebihi 7 juta orang. “Kunjungan tahun 2022 ini sudah jauh melampaui target yang kami tetapkan sebesar 2 juta,” ujarnya.

Wahyu mengatakan, selama kasus Covid-19 2020-2021 masih merebak di Kota Yogyakarta, kunjungan wisatawan ke kota tersebut hanya akan tertahan sekitar 1,5 juta dari segi pemesanan hotel dan kunjungan ke destinasi. Sedangkan pada tahun 2022, kunjungan wisatawan pada bulan Desember saja sudah menembus angka 1 juta,” ujarnya.

Salah satu destinasi di kota Yogyakarta yang paling populer dikunjungi pengunjung saat liburan Natal dan Tahun Baru adalah Kebun Binatang Gembira Loka yang dikunjungi sekitar 4.000-5.000 orang sejak 24 Desember 2022. Kunjungan Happy Loka dilaksanakan pada 1 Desember 2022 Januari 2023 dengan hingga 8.500 orang dalam satu hari.

Baca juga: PPKM dihentikan, Yogyakarta akan terus memantau mobilitas

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button