Malam 1 Suro Alas Purwo buka 24 jam - WisataHits
Jawa Timur

Malam 1 Suro Alas Purwo buka 24 jam

BANYUWANGI – Sayangnya, Purwo merupakan hutan keramat di pulau Jawa. Sayangnya, Purwo di Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur kerap menjadi incaran para petapa.

Menurut laporan, para pertapa itu berasal dari seluruh nusantara. Di Alas Purwo sendiri, pada malam 1 Suro, banyak orang datang untuk melakukan ritual yang umumnya dilakukan pada tengah malam pukul 00.00 WIB.

Menjelang tengah malam, warga yang datang biasanya sudah menyiapkan kebutuhan ritual dari rumah. Tepat pukul 00.00 WIB mereka mendekati Pantai Pancur yang masih dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, mereka berdoa bersama.

Sejak pandemi, Taman Nasional Alas Purwo atau TNAP tidak mengizinkan pertapa atau warga yang hanya melakukan ritual di pantai karena pembatasan selama pandemi Covid-19.

Dikonfirmasi wartawan, Kepala Dinas Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Alas Purwo Probo Wresni Adji menyatakan Alas Purwo akan tetap buka.

“D+2 Alas Purwo dan Wisata Gua buka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB,” ujarnya, Kamis, 28 Juli 2022.

Namun, untuk malam 1 Suro ini ada waktu khusus untuk memasuki kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

“Khusus malam hari, Suro buka 24 jam sehari hingga 1 Agustus 2022,” kata Probo.

Sebut saja Alas Purwo sendiri sebenarnya merupakan taman nasional yang berisi ratusan jenis flora dan fauna khas Indonesia.

Meski begitu, keindahannya selalu diselimuti cerita mistis. Sayangnya, menurut sejarah yang beredar di sana, Taman Nasional Purwo adalah kerajaan jenius yang sangat besar.

Bahkan sejumlah tokoh nasional pernah singgah di Alas Purwo, termasuk Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

Sehingga para tamu Alas Purwo tetap peduli dan menghormati warga Alas Purwo.

Source: www.jurnalnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button